Dampak dari jarak antara toko modern dengan pasar tradisional dalam Peraturan Bupati Sidoarjo nomor 36 tahun 2016 tentang penataan minimarket di Kabupaten Sidoarjo ditinjau dari Fikih Siyasah: studi kasus pasar Larangan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Anshori, Mochammad Isa (2020) Dampak dari jarak antara toko modern dengan pasar tradisional dalam Peraturan Bupati Sidoarjo nomor 36 tahun 2016 tentang penataan minimarket di Kabupaten Sidoarjo ditinjau dari Fikih Siyasah: studi kasus pasar Larangan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mochammad Isa Anshori_C95216119.pdf

Download (2MB)

Abstract

Data yang diperlukan dalam penelitian ini adalah penelitian empiris, yaitu metode penelitian yang dilakukan untuk mendapatkan data primer dan menemukan kebenaran berdasarkan apa yang terjadi di lapangan, terutama yang berkaitan dengan dampak dari jarak antara toko modern dengan pasar tradisional dalam peraturan Bupati Sidoarjo Nomor 36 Tahun 2016 tentang penataan minimarket. Metode berfikir yang digunakan adalah deduktif menggali data kemudian menganalisis hingga menjadi sebuah kesimpulan.Hasil Penelitian ini menyimpulkan bahwa : Pendirian toko modern (Indomaret) disekitar pasar Larangan Kabupaten Sidoarjo belum sesuai dengan Peraturan bupati Sidoarjo Nomor 36 Tahun 2016 tentang penataan minimarket di Kabupaten Sidoarjo karena hanya berjarak kurang dari 200 M dari pasar tradisional Larangan. Kedua, tinjauan Fikih Siyasah maliyah. Terhadap dampak jarak toko modern dengan pasar tradisional di kabupaten sidoarjo termasuk dalam kategori baitul mall karena bertugas mengatur segala aspek pemasukan dan pengeluaran yang sesuai dengan kemaslahatan umum tanpa menghilangkan hak individu dan menyianyiakanya Sejalan dengan uraian di atas maka Pendirian toko modern (indomart) di Sidoarjo hendaknya menaati Peraturan Pemerintah dan memperhatikan aspek maslahah dan madharatnya. Kepala bidang pasar kota Sidoarjo sebagai dewan pengawas pasar harus lebih meningkatkan pengawasannya sehingga tidak terjadi penyimpangan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Anshori, Mochammad Isaansshori78@gmail.comC95216119
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSukamto, Sukamtokamtoindoraya@yahoo.com2012036001
Subjects: Fikih > Fikih Siyasah
Keywords: Toko modern; pasar tradisional; Peraturan bupati sidoarjo nomor 36 tahun 2016; Indomaret; Alfamidi; Alfamart.
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Tata Negara Islam
Depositing User: Mochammad Isa Anshori
Date Deposited: 25 Oct 2021 04:22
Last Modified: 25 Oct 2021 04:22
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/50727

Actions (login required)

View Item View Item