Perbandingan analisis kualitas air tanah antara Metode Indeks Pencemar dengan Metode STORET:studi kasus permukiman di sekitar kawasan industri berbek, Kabupaten Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Angelina, Shelviana (2021) Perbandingan analisis kualitas air tanah antara Metode Indeks Pencemar dengan Metode STORET:studi kasus permukiman di sekitar kawasan industri berbek, Kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Shelviana Angelina_H75217063.pdf

Download (4MB)

Abstract

Sebagian besar masyarakat di sekitar Kawasan Industri Berbek menggunakan air yang bersumber dari air sumur untuk memenuhi kebutuhan air bersihnya. Namun air sumur tersebut belum diketahui kualitas airnya. Sehingga perlu diketahui status mutunya. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui kualitas berdasarkan Permenkes RI No. 32 Tahun 2017 dan membandingkan status mutu air sumur dengan metode STORET dan Indeks Pencemar. Pada penelitian ini diambil sebanyak 5 titik sampling yang tersebar di Desa Berbek dengan dilakukan pengulangan pengambilan sebanyak dua kali (duplikat). Parameter yang diuji pada penelitian ini yaitu Suhu, TDS, Kekeruhan, pH, Mangan (Mn), Besi (Fe), Timbal (Pb), Kesadahan dan Total Coliform. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa terdapat beberapa parameter yang melebihi baku mutu yaitu, Suhu (pada lokasi titik sampel 1,4, dan 5), TDS (pada lokasi titik sampel 1), Mn (pada lokasi titik sampel 1 pengambilan ke-1), dan Total Coliform (seluruh lokasi titik sampel). Serta hasil status mutu air berdasarkan Indeks Pencemar (IP) seluruh sampel menunjukan kondisi “Tercemar Berat”. Sedangkan hasil status mutu air berdasarkan STORET seluruh sampel menunjukan kondisi “Cemar Sedang”.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Angelina, Shelvianashelvianaangelina@gmail.comH75217063
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHakim, Abdulabdulhakim@uinsby.ac.id198008062014031002
Thesis advisorSuprayogi, Dedydsuprayogi@uinsby.ac.id198512112014031002
Subjects: Teknik Lingkungan
Keywords: Air Sumur Gali; Desa Berbek; Kualitas Air Tanah; Indeks Pencemar; STORET.
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Tehnik Lingkungan
Depositing User: Shelviana Angelina
Date Deposited: 25 Oct 2021 10:56
Last Modified: 25 Oct 2021 10:56
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/50730

Actions (login required)

View Item View Item