Pesan Dakwah KH Hasan Abdullah Sahal dalam Lagu Kembalilah

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rosyida, Basitha Kristi (2021) Pesan Dakwah KH Hasan Abdullah Sahal dalam Lagu Kembalilah. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Basitha Kristi Rosyida_B91217110.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang bagaimana pesan dakwah KH Hasan Abdullah Sahal dalam Lagu Kembalilah dilihat dari tiga dimensi wacana, yaitu teks, praktik wacana, dan sosiokultural. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan model analisis teks wacana kritis Norman Fairclough. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Lagu Kembalilah terdapat pesan dakwah. Pesan dakwah tersebut meliputi pesan akidah, syariah, dan akhlak. Pesan dakwah Lagu Kembalilah ditinjau dari aspek dimensi teks yaitu ditemukan bahwa antar bait lirik Lagu Kembalilah berkaitan satu sama lain. Berdasarkan dimensi praktik wacana memperlihatkan bahwa teks diproduksi berkaitan dengan keadaan yang terjadi saat lagu diciptakan, yaitu pandemi Covid-19. Dari aspek konsumsi teks Lagu Kembalilah mengingatkan manusia atas dosa kufur nikmat. Dimensi sosiokultural adalah saat Lagu Kembalilah dirilis kondisi kehidupan masyarakat mengalami banyak perubahan, mulai dari sosial, kesehatan, hingga ekonomi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rosyida, Basitha Kristibasithakristi99@gmail.comB9127110
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorPrihananto, Prihanantoprih4n4nto@gmail.com2030126801
Subjects: Dakwah > Pesan Dakwah
Pesan Dakwah
Keywords: Pesan Dakwah; Lagu Kembalilah.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Basitha Kristi Rosyida
Date Deposited: 26 Oct 2021 13:31
Last Modified: 26 Oct 2021 13:31
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/50733

Actions (login required)

View Item View Item