Kebijakan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru selama pandemi covid-19 di SDN Jemurwonosari 1/417 Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wulandari, Wulandari (2021) Kebijakan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru selama pandemi covid-19 di SDN Jemurwonosari 1/417 Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Wulandari_D03217039.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kebijakan yang harus diterapkan oleh sekolah untuk melaksanakan pembelajaran jarak jauh dengan sistem daring semenjak terjadinya pandemi covid-19, sehingga perlu diimbangi dengan peran mendalam dari seorang guru. Dengan demikian guru diharuskan dapat menghadapi pembelajaran dengan sistem daring saat ini. Upaya yang dilakukan adalah dengan melakukan pemberdayaan guru. Pemberdayaan yang dilaksanakan tentu saja tidak terlepas dari adanya kebijakan kepala sekolah sebagai penentu suatu keputusan. Langkah yang ditempuh adalah dengan mengembangkan 4 (empat) kompetensi dasar guru yang dimulai dengan memberikan pemahaman guru dalam memanfaatkan tekonologi informasi dan komunikasi dalam pelaksanaan pembelajaran, keterampilan dalam mengelola kelas daring dan sikap guru dalam memberikan pelayanan yang diimbangi dengan supervisi yang dilakukan oleh kepala sekolah sehingga dapat meminimalkan kendala yang dihadapi. Permasalahan yang akan peneliti kembangkan dalam penelitian ini adalah 1) Kebijakan kepala sekolah selama pandemi covid-19 di SDN Jemurwonosari 1/417 Surabaya, 2) Kinerja guru selama pandemi covid-19 di SDN Jemurwonosari 1/417 Surabaya 3) Kebijakan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru selama pandemi covid-19 di SDN Jemurwonosari 1/417 Surabaya? Jenis penelitian yang digunakan di skripsi ini adalah pendekatan kualitatif jenis deskriptif. Obyek penelitian ini adalah kebijakan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru selama pandemi covid-19 di SDN Jemurwonosari 1/417 Surabaya. Data penelitian diperoleh dari wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil akhir penelitian ini mendeskripsikan bahwa kebijakan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru selama pandemi covid-19 dapat terwujud melalui pengembangan terhadap 4 (empat) kompetensi dasar guru yang diimbangi dengan supervisi kepala sekolah sehingga kegiatan belajar mengajar daring dapat terlaksana dengan baik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wulandari, Wulandariwulankecil44@gmail.comD03217039
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMaarif, Samsulsamsul_jombang@yahoo.com2007046401
Thesis advisorHuda, Muhammad Nurilreal_bjn80@yahoo.com2027068001
Subjects: Kepala Sekolah
Keywords: Kebijakan kepala sekolah; Kinerja guru; Pandemi covid-19.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Wulandari Wulandari
Date Deposited: 26 Oct 2021 21:21
Last Modified: 26 Oct 2021 21:21
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/50740

Actions (login required)

View Item View Item