Tinjauan hukum pidana islam dan UU no. 35 tahun 2014 tentang pengasuhan anak yang turut serta bersama ibunya menjalani pidana penjara: studi kasus di lembaga pemasyarakatan perempuan klas IIa Malang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rini, Widiah Ayu Kusumo (2021) Tinjauan hukum pidana islam dan UU no. 35 tahun 2014 tentang pengasuhan anak yang turut serta bersama ibunya menjalani pidana penjara: studi kasus di lembaga pemasyarakatan perempuan klas IIa Malang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Widiah Ayu Kusumo Rini_C93217112.pdf

Download (2MB)

Abstract

Jenis penelitian yang dilaksanakan ini termasuk dalam jenis penelitian empiris. Sebagaimana penelitian empiris adalah metode penelitian yang diperoleh dari fakta empiris (perilaku manusia), dengan menggunakan teknik pengumpulan data, diantaranya yaitu, wawancara, observasi dan studi pustaka. Dalam penelitian ini penulis memilih untuk menggunakan deskriptif kualitatif yang disertai dengan tiga sumber data seperti, sumber data primer, sumber data skunder dan sumber data tersier.Hasil penelitian ini ditemukan bahwa : 1) Hak Anak yang turut serta bersama ibunya menjalani pidana penjara di LPP Klas IIA Malang telah diperoleh anak meskipun belum maksimal, dari segi orang tua sendiri hak anak yang dapat diberikan seperti: merawat anak, memenuhi kebutuhan dasar anak (ASI), mencukupi kebutuhan makan, serta membantu anak selalu merasa nyaman. sedangkan dari LPP malang sendiri telah berupaya memenuhi dan memberikan hak-hak anak seperti:hak, terpenuhinya fasilitas yang memadai, terjaminya kebutuhan pokok, terpenuhinya hak kesehatan terhadap anak yaitu, pemeriksanaan rutin dan imunisasi setiap 1 bulan sekali, serta terdapat playground sebagai sarana bermain anak. 2) Tinjauan Hukum Pidana Islam dan UU No. 35 Tahun 2014 Tentang Pengasuhan Anak yang turut serta bersama ibunya menjalani pidana penjara masuk kedalam jarimah ta’zir hal ini sudah sesuai dengan hukuman yang diterima oleh ibu yang statusnya sebagai narapidana. Namun dalam fikih hadhanah ibu tersebut tidak memenuhi syarat untuk melakukan pengasuhan, dimana telah dijelaskan syarat hadhanah yaitu harus amanah, karena tidak ada hak asuh bagi wanita fasiq. sebab dikhawatirkan seorang ibu yang fasiq tidak dapat dipercaya dalam menunaikan kewajibannya. sedangkan dalam segi undang-undang No. 35 tahun 2014 tentang perlindungan anak telah dipenuhi dengan baik meskipun terdapat beberapa hal yang kurang sesuai.Sejalan dengan kesimpulan diatas, maka disarankan: dalam undang-undang Nomor 35 Tahun 2014 tentang perlindungan anak belum semuanya dapat diterapkan dengan tepat dan sesuai, maka dari ini diharapkan pemerintah dan oknum yang bersangkutan dapat memperhatikan lagi dalam kehidupan nyata, apakah telah terlaksana sesuai dengan yang tertulis di peraturan atau masih perlu diupayakan lagi. Terhadap LPP Malang alangkah baiknya dalam hal yang kurang anak mengerti seperti peran sosok ayah lebih dikembangkan lagi agar anak dapat terpenuhi haknya untuk mendapatkan kasih sayang dari kedua orang tuanya Seharusnya LPP membuat suatu peraturan tersendiri mengenai diperbolehkannya kunjungan minimal 1 kali dalam jangka waktu tertentu dan diberlakukan syarat tertentu agar hak-hak anak tetap dapat anak peroleh dari ayahnya. Terhadap Masyarakat diharapkan dapat bersifat bijak kepada mantan narapidana sehingga dalam hal bersosialisasi di masyarakat tidak menimbulkan suatu sikap diskriminasi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rini, Widiah Ayu Kusumowidiaayukusumarini07@gmail.comC93217112
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHandoko, Priyo--196602122007011049
Subjects: Anak
Hukum > Hukum Pidana Islam
Keywords: Anak; Balita; Pengasuhan anak; Hak anak yang ibunya dipidana.
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Pidana Islam
Depositing User: Widiah Ayu Kusumo Rini
Date Deposited: 26 Oct 2021 01:27
Last Modified: 26 Oct 2021 01:27
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/50749

Actions (login required)

View Item View Item