Pengorganisasian perempuan muda dalam meningkatkan pendapatan melalui optimalisasi buah pepaya di Desa Abar-Abir Kecamatan Bungah Kabupaten Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Naimah, Saidatun (2021) Pengorganisasian perempuan muda dalam meningkatkan pendapatan melalui optimalisasi buah pepaya di Desa Abar-Abir Kecamatan Bungah Kabupaten Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Saidatun Naimah_B02217024.pdf

Download (2MB)

Abstract

Dalam proses penelitian ini peneliti melakukan pendampingan kepada masyarakat khusunya perempuan muda Desa Abar-Abir. Tujuannya yakni untuk mengorganisir masyarakat melalui kegiatan wirausaha dari aset alam yang melimpah berupa buah pepaya. tanaman tersebut cukup banyak dijumpai di pekarangan maupun galengan sawah milik masyarakat setempat. Didukung dengan aset manusianya yang terbilang kreatif dan meiliki keterampilan dalam menghasilkan karya baru namun belum dilakukan secara maksimal. Metode pendekatan yang digunakan pada penelitian ini berbasis ABCD (Asset Bassed Community Development). Artinya peneliti bersama masyarakat mulai melakukan pemanfatan aset secara maskimal untuk meningkatkan kesejahteraan mereka. Proses yang dilakukan yaitu mulai dari inkulturasi dengan masyarakat sampai dilakukannya tahapan 5D (Define, Discovery, Dream, Design, Destiny) dengan melakukan analisis trend and change dan leacky bucket. Adapun strategi yang dilakukan pada program aksi dengan cara membentuk kelompok perempuan muda Desa Abar-Abir untuk melakukan kegiatan yang telah dirancang untuk mencapai tujuan bersama. Sehingga hasil akhir dalam penelitian ini adalah adanya pengorganisaian muda dalam meningkatkan pendapatan melalui optimalisasi buah pepaya di Desa Abar-Abir Kecamatan Bungah Kabupaten Gresik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Naimah, Saidatunsaidatunnaimah2gmail.comB02217024
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMansyur, M. Munir--2017035901
Subjects: Organisasi Masyarakat
Pemberdayaan > Pemberdayaan Perempuan
Sumber Daya Manusia
Keywords: Pengorganisasian Masyarakat; Kewirausahaan; Pengoptimalisasian Buah Pepaya.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Saidatun Naimah
Date Deposited: 26 Oct 2021 03:54
Last Modified: 26 Oct 2021 03:54
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/50757

Actions (login required)

View Item View Item