Impak dan respon civitas akademika UIN Sunan Ampel Surabaya terhadap pemberitaan dan Dakwah Negatif di Media Sosial

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ismail, Muhammad Ikhsanuddin Nur (2021) Impak dan respon civitas akademika UIN Sunan Ampel Surabaya terhadap pemberitaan dan Dakwah Negatif di Media Sosial. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Ikhsanuddin Nur Ismail_B01217041.pdf

Download (2MB)

Abstract

Seiring berjalanannya waktu, akses untuk mendapatkan informasi sangatlah mudah. Meskipun begitu, kita perlu meneliti kembali pesan yang kita dapat agar tidak menimbulkan hoax dan stigma di kalangan masyarakat. Media sosial merupakan media yang rawan dalam penyebaran berita hoax dan dakwah negatif, dan media sosial juga merupakan media yang paling diminati para milenial dan orang tua yang ingin mendapatkan informasi secara praktis. Maka sebab itu, tak dapat dipungkiri juga Civitas Akademika UIN Sunan Ampel Surabaya akan terkena dampak dari hadirnya berita maupun dakwah negatif yang bertebaran di media sosial, sebab setiap individu Civitas Akademika UIN Sunan Ampel memiliki perbedaan dari latar belakang, pemikiran dan lingkungan. Hadirnya penelitian ini adalah untuk mengungkapkan bagaimana impak dan respon Civitas Akademika UIN Sunan Ampel Surabaya terhadap fenomena pemberitaan dan dakwah yang memiliki unsur negatif yang sedang melenggang bebas di media sosial dalam kehidupan mereka. Dengan menggunakan metode penelitian kualitatif dan pendekatan fenomenelogi, peneliti berhasil mengungkapkan bahwasannya Civitas Akademika UIN Sunan Ampel Surabaya termasuk dalam kategori masyarakat yang waspada terhadap berita hoax dan dakwah negatif, hal ini buktikan dengan sedikitnya pengaruh pada diri Civitas Akademika UIN Sunan Ampel Surabaya. Rekomendasi untuk peneliti selanjutnya adalah melakukan penelitian kembali dengan menggunakan metode dan teori yang baru serta mengupgrade data paling mutakhir setelah pandemi covid-19 berakhir.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ismail, Muhammad Ikhsanuddin Nurikhsanuddinnurismail@gmail.comB01217041
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorBachtiar, M. Anisanis_bachtiar@yahoo.com2019126902
Subjects: Media Massa
Psikologi
Sosiologi
Keywords: Media sosial; Impak; Respon; Berita; Dakwah; Negatif.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Muhammad Ikhsanuddin Nur Ismail
Date Deposited: 26 Oct 2021 13:15
Last Modified: 26 Oct 2021 13:15
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/50762

Actions (login required)

View Item View Item