Pengaruh loyalitas karyawan dan keterlibatan kerja terhadap Komitmen Organisasi di Yayasan Dana Sosial Al-Falah (YDSF) Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wulandari, Norma Dwi (2021) Pengaruh loyalitas karyawan dan keterlibatan kerja terhadap Komitmen Organisasi di Yayasan Dana Sosial Al-Falah (YDSF) Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Norma Dwi Wulandari_B04217057.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah membuktikan ada atau tidaknya pengaruh antara loyalitas karyawan dan keterlibatan kerja terhadap komitmen organisasi di Yayasan Dana Sosial Al-Falah (YDSF) Surabaya simultan dan parsial. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan nilai hubungan yang paling tinggi sebagai prediktor tingkat komitmen organisasi di Yayasan Dana Sosial Al-Falah (YDSF) Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Penelitian ini menggunakan hipotesis assosiatif kausal. Pada penelitian, peneliti melakukan uji data menggunakan teknik analisis data uji asumsi klasik dan uji regresi linear berganda. Hal tersebut digunakan untuk membuktikan tujuan dari penelitian.
Penelitian mendapatkan jawaban pada rumusan masalah mengenai pengaruh loyalitas karyawan dan keterlibatan kerja terhadap komitmen organisasi. Penjelasan jawaban pertama, terdapat pengaruh secara signifikan dari loyalitas karyawan dan keterlibatan kerja terhadap komitmen organisasi di Yayasan Dana Sosial Al-Falah (YDSF) Surabaya secara simultan. Nilai variabel pada penelitian ini memperoleh p value sebesar 0,000. Kedua, terdapat pengaruh yang signifikan pada loyalitas karyawan dan keterlibatan kerja terhadap komitmen organisasi di Yayasan Dana Sosial Al-Falah (YDSF) Surabaya secara parsial. Dua variabel independent tersebut memperoleh nilai p value 0,000 < 0,05. Ketiga, nilai hubungan antara loyalitas karyawan dan keterlibatan kerja terhadap komitmen organisasi di Yayasan Dana Sosial Al-Falah (YDSF) Surabaya secara simultan. Dua variabel independent tersebut memperoleh nilai korelasi sebesar 0,782. Nilai 0,782 menyatakan bahwa kedua variabel memiliki nilai hubungan yang tinggi atau kuat. Keempat, nilai hubungan loyalitas karyawan dan keterlibatan kerja terhadap komitmen organisasi di Yayasan Dana Sosial Al-Falah (YDSF) Surabaya secara parsial. Nilai korelasi loyalitas karyawan dengan komitmen organisasi sebesar 0,776 dengan nilai p value (sig) sebesar 0,000. Nilai korelasi keterlibatan kerja dengan komitmen organisasi sebesar 0,686 dengan nilai p value (sig) sebesar 0,000. Kelima, nilai hubungan paling tinggi atau dominan antara kedua variabel adalah loyalitas karyawan. Hal tersebut dapat ditunjukkan, karena loyalitas karyawan mendapatkan nilai 0,776. Keenam, komitmen organisasi dapat diprediksi dengan menggunakan model regresi di penelitian selanjutnya. Hal tersebut dapat ditunjukkan, karena nilai SEE lebih kecil dari Std. Deviation. Nilai perbandingan sebesar 3,283 < 5,111.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wulandari, Norma Dwinormadwiwulandari@gmail.comB94217057
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMaesaroh, Imasimas.kholis@gmail.com2014056601
Subjects: Manajemen Dakwah
Karier
Keywords: Loyalitas Karyawan; Keterlibatan Kerja; dan Komitmen Organisasi.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: Norma Dwi Wulandari
Date Deposited: 26 Oct 2021 13:49
Last Modified: 26 Oct 2021 13:49
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/50765

Actions (login required)

View Item View Item