Komparasi konsep puasa dalam Perspektif Agama Katolik dan Protestan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ramdhani, Januardy (2021) Komparasi konsep puasa dalam Perspektif Agama Katolik dan Protestan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Januardy Ramdhani_E02216012.pdf

Download (1MB)

Abstract

Puasa adalah ritual peribadatan yang terdapat dalam setiap ajaran agama. Walau begitu, setiap agama memiliki prinsip, tujuan, dan tata cara pelaksanaan yang berbeda beda. Misalnya, puasa diartikan sebagai ungkapan rasa syukur, untuk turut merasakan penderitaan dan duka cita orang-orang yang tidak mampu, dan juga untuk meminta pertolongan kepada Tuhannya. Dalam skripsi ini, pembahasan konsep puasa fokus pada dua aliran dalam agama Kristen, yakni Katolik dan Protestan. Pokok pembahasan yang ada dalam skripsi ini adalah tentang bagaimana konsep puasa menurut Katolik dan Protestan serta bagaimana perbedaan dan juga persamaan puasa menurut keduanya. Skripsi ini adalah penelitian kepustakaan atau library research yang berdasar pada dokumen tertulis seperti buku dan karya ilmiah lainnya. Teori yang digunakan untuk mendukung analisis data adalah teori teologi konstruktif-kontekstual yang diharapkan mampu mengurai secara kritis tradisi gereja Katolik dan Protestan terkait dengan konsep dan tradisi puasa, sekaligus melihat hal-hal baru di luar tradisi umum gereja. Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa ada beberapa persamaan dan juga perbedaan antara konsep puasa dalam Katolik dan Protestan. Persamaan di antara keduanya tercermin dari pemaknaan yang sama atas puasa sebagai upaya menahan diri untuklitidaklimelakukan perbuatan-perbuatan yang tercela. Sedangkan perbedaannya meliputi hal-hal praktis, semisal jenis puasa, kriteria untuk umat yang wajib berpuasa, dan tata cara dalam berpuasa

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ramdhani, Januardyramdhanijanuardy@gmail.comE02216012
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSiddiq, Akhmada.siddiq@uinsby.ac.id2009087702
Subjects: Agama
Puasa
Keywords: Puasa; Katolik; Protestan; Perbedaan; Persamaan.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Studi Agama - Agama
Depositing User: Januardy Ramdhani
Date Deposited: 26 Oct 2021 22:04
Last Modified: 26 Oct 2021 22:04
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/50768

Actions (login required)

View Item View Item