Tinjauan Maslahah terhadap pandangan kepala KUA di Surabaya tentang urgensi pendidikan seks dalam materi bimbingan pra nikah

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ramadhani A., Ahmad Mujaddid (2021) Tinjauan Maslahah terhadap pandangan kepala KUA di Surabaya tentang urgensi pendidikan seks dalam materi bimbingan pra nikah. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ahmad Mujaddid Ramadhani A._C91217038.pdf

Download (2MB)

Abstract

Data penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Jenis wawancara yang dipakai adalah wawancara campuran. Data yang dikumpulkan kemudian di analisis dengan metode deskriptif analisis dengan pola pikir deduktif. Hasil penelitian ini menyimpulkan dengan terpenuhinya prinsip dan syarat yang ditawarkan oleh para fuqaha atas kevalidan al-Maslahah maka pandangan kepala KUA di Surabaya tentang urgensi pendidikan seks dalam materi bimbingan pra nikah sangat relevan dengan teori al-Mas}lahah. Pendidikan seks ini menjadi ikhtiar untuk penyempurnaan dan memudahkan tercapainya tujuan syari’ah yaitu menjaga ketengan jiwa (Hifdzun al-Nafsh), dan menjaga keturunan berkualitas (hifdzun al-Nasl) sehingga termasuk kategori al-Maslahah al-dharuriyyah (kebutuhan pokok) yang harus dipenuhi. Serta termasuk kategori al-Mas}lahah ‘Ammah dengan data penelitian yang menunjukkan bahwa mayoritas masyarakat yang tidak faham terkait pendidikan seks.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ramadhani A., Ahmad Mujaddidmujaddidra@gmailcomC91217038
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMasruhan, Masruhan--2004045901
Subjects: Bimbingan
Pendidikan
Seks
Keywords: Maslahah; Pendidikan Seks; Bimbingan Pra Nikah.
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Ahmad Mujaddid Ramadhani A.
Date Deposited: 29 Oct 2021 02:02
Last Modified: 29 Oct 2021 02:02
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/50774

Actions (login required)

View Item View Item