Moderatisme Muhammad Abduh tentang riba dalam Tafsir Al-Manar

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kusairi, Achmad (2021) Moderatisme Muhammad Abduh tentang riba dalam Tafsir Al-Manar. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Achmad KusairiI_F02517153.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian terhadap penafsiran sangat penting untuk dilakukan, baik secara tekstual ataupun kontekstual, karena al-Qur’an cangkupannya sangat luas untuk dipahami dan terkadang ada sesuatu ayat yang belum bisa dipahami, sehingga butuh penjelasan dari para ahli tafsir untuk menjelaskan hal tersebut yaitu dengan berdasarkan metode yang mereka miliki, salah satunya yaitu permasalahan mengenai riba, terkait latar belakang tersebut, penulis membagi dua rumusan masalah, yaitu bagaimana konsep riba dalam tafsir al-Manar dan yang kedua yaitu bagaimana penafsiran ayat tentang riba dalam tafsir al-manar, adapun metode yang dipakai penulis adalah melalui pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian yaitu kajian pustaka agar mendapatkan data yang konprehensif, berdasarkan hasil penelitian tersebut penulis memberikan kesimpulan bahwa beliau sangat menolak taklid akan tetapi beliau menggunakan ijtihad, karena menurutnya peran akal atau rasio sangat mampu untuk mengkaji ayat al-Qur’an, sehingga dapat memberikan solusi terhadap problem yang terjadi dimasyarakat. Kemudian terkait penafsiran tentang ayat riba dalam tafsir al-manar menurut Muhammad Abduh dan Muhammad Rasyid Ridha, riba yang diharamkan yaitu yang berlipad ganda, karena menurutnya ada semacam unsur pemaksaan atau penindasan terhadap orang lain sehingga hal tersebut dilarang, akan tetapi jika tidak ada unsur penindasan maka tidak dilarang, menurutnya bunga bank hal yang dibolehkan karena tidak ada unsur ekspoloitasi akan tetapi justru saling membantu dengan yang membutuhkan

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kusairi, Achmadkusariachmad02gmail.comF02517153
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorIffah, Iffahivamuzammil@yahoo.co.id2013076902
Subjects: Al Qur'an
Keywords: Konsep; Riba; Tafsir al-Manar.
Divisions: Program Magister > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Achmad kusairi
Date Deposited: 26 Oct 2021 23:32
Last Modified: 26 Oct 2021 23:32
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/50785

Actions (login required)

View Item View Item