Pengaruh akuntabilitas dan transparansi laporan keuangan terhadap kepercayaan donatur di Dana Sosial Al-Jihad Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ariyanto, Muhammad (2021) Pengaruh akuntabilitas dan transparansi laporan keuangan terhadap kepercayaan donatur di Dana Sosial Al-Jihad Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Ariyanto_G02216014.pdf

Download (2MB)

Abstract

Jenis metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Populasi yang digunakan sejumlah 2.420 orang donatur (seluruh donatur tetap DASA). Ukuran sampel yang digunakan sejumlah 100 orang yang dihitung menggunakan rumus Slovin. Teknik pengambilan sampel menggunakan Simple Random Sampling. Sumber data yang digunakan yakni, sumber data primer dan sumber data sekunder. Metode pengumpulan data primer adalah dengan penyebaran kuesioner kepada seluruh sampel. Penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi linier berganda dengan perhitungan menggunakan aplikasi SPSS 21. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel akuntabilitas berpengaruh secara parsial terhadap kepercayaan donatur. Sedangkan variabel transparansi tidak berpengaruh terhadap kepercayaan donatur. Secara simultan, variabel akuntabilitas dan transparansi berpengaruh terhadap kepercayaan donatur. Penerapan akuntabilitas yang diiringi dengan transparansi akan berpengaruh terhadap kepercayaan donatur. Harapan peneliti, Dana Sosial Al-Jihad Surabaya dapat meningkatkan dan terus menerapkan akuntabilitas dan transparansi laporan keuangan agar dapat menjaga dan meningkatkan kepercayaan donatur dan masyarakat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ariyanto, Muhammadmochariyanto4@gmail.comG02216014
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRahayu, Hastanti Agustin--2008088302
Subjects: Akuntansi
Amil Zakat
Keywords: Akuntabilitas; Transparansi; Kepercayaan Donatur.
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi
Depositing User: Muhammad Ariyanto
Date Deposited: 31 Oct 2021 08:30
Last Modified: 31 Oct 2021 08:30
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/50826

Actions (login required)

View Item View Item