Implementasi teknik positive reinforcement dalam meningkatkan motivasi belajar pada anak tuna grahita di SLB Muhammadiyah Golokan Sidayu Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fariziyyah, Nailil (2021) Implementasi teknik positive reinforcement dalam meningkatkan motivasi belajar pada anak tuna grahita di SLB Muhammadiyah Golokan Sidayu Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nailil Fariziyyah_B93217148.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pada penelitian ini dilatar belakangi rendahnya motivasi belajar yang dimiliki oleh seorang siswa di SLB Muhammadiyah Golokan. Adapun fokus penelitian dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana proses implementasi teknik positive reinforcement dalam meningkatkan motivasi belajar pada anak tuna grahita di SLB Muhammadiyah Golokan Sidayu Gresik , (2) Bagaimana hasil Implementasi teknik positive reinforcement dalam meningkatkan motivasi belajar pada anak tuna grahita di SLB Muhammadiyah Golokan Sidayu Gresik. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Sedangkan untuk analisis penelitian peneliti menggunakan jenis analisis deskripstif komparatif. Adapun tahapan proses konseling yang dilakukan peneliti dalam penelitian ini yaitu identifikasi masalah, diagnosis, prognosis, treatment, setelah dilakukannya treatment yang terakhir adalah evaluasi. Untuk teknik pengumpulan data peneliti menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun hasil dalam penelitian menunjukkan yaitu (1) Pelaksanaan teknik positive reinforcement melalui dua tahapan yaitu; tahap awal dan tahap inti. (2) Sehingga hasil dalam penelitian dengan menggunakan teknik positive reinforcement dalam meningkatkan motivasi belajar pada anak tuna grahita dapat dikatakan berhasil, sebab terdapat perubahan pada motivasi belajar konseli, yang awalnya motivasi belajarnya rendah, namun setelah proses konseling dilakukan motivasi belajarnya menjadi meningkat dan lebih rajin. Dan dalam masalah kesulitan menulisnya konseli sudah mampu dalam memegang alat tulis dengan benar, konseli bisa menulis jika tidak diberi garis dan titik-titik, dan konseli juga bisa untuk menyalin tulisan sehingga tulisan tersebut bisa dibaca.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fariziyyah, Naililnaililfariziyyah23@gmail.comB93217148
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAstutik, Srisri.astutik@uinsby.ac.id2005025902
Subjects: Motivasi Belajar
Keywords: Teknik Positive Reinforcement; Motivasi Belajar; Anak Tuna Grahita.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Nailil Fariziyyah
Date Deposited: 31 Oct 2021 12:09
Last Modified: 31 Oct 2021 12:09
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/50831

Actions (login required)

View Item View Item