Pemberdayaan ibu-ibu rumah tangga melalui inovasi pengelolaan Tempe untuk meningkatkan perekonomian masyarakat di Desa Brambang Kecamatan Diwek Kabupaten Jombang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nida', Ira Fatma Laily Khoirun (2021) Pemberdayaan ibu-ibu rumah tangga melalui inovasi pengelolaan Tempe untuk meningkatkan perekonomian masyarakat di Desa Brambang Kecamatan Diwek Kabupaten Jombang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ira Fatma Laily Khoirun Nida'_B92217065.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi respon masyarakat untuk menghadapi persoalan ekonomi dengan cara memanfaatkan asset yang telah dimiliki, baik asset yang dimiliki oleh desa maupun oleh diri sendiri. Dengan melakukan pemberdayaan terhadap ibu-ibu berupa inovasi pengelolaan tempe menjadi cookies tempe diharapkan dapat meningkatkan perekonomian serta kemandirian bagi masyarakat Desa Brambang. Dalam pendampingan ini menggunakan metode pendekatan ABCD (Asset Based Community Development) yang menekankan terhadap pengembangan asset dan potensi yang dimiliki. Pendekatan berbasis asset ini memiliki beberapat tahapan yang disebut dengan 5D yaitu Discovery, Dream, Design, Define dan Destiny. Penelitian ini berfokus terhadap beberapa hal yang pertama yaitu, 1) Membuat kelompok yang terdiri dari ibu-ibu yang inovatif dan memiliki kreatifitas yang tinggi. 2) Membangun kepercayaan terhadap ibu-ibu. 3) Memaksimalkan dalam pengembangan asset dan potensi sehingga nantinya dapat meningkatkan perekonomian masyarakat Desa Brambang. Aksi yang telah dilakukan oleh kelompok ibu-ibu dan masyarakat Desa Brambang dalam menginovasi pengelolaan tempe menjadi cookies tempe mendapatkan hasil yang maksimal dalam penguatan ekonomi mereka. Selain itu, dalam pemberdayaan masyarakat yang telah dilakukan juga mampu menciptakan sebuah perubahan sosial masyarakat dalam meningkatkan perekonomian masyarakat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nida', Ira Fatma Laily KhoirunIrafatmalaily83@gmail.comB92217065
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMansyur, M. Munir--2017035901
Subjects: Ekonomi
Pemberdayaan
Pemberdayaan > Pemberdayaan Perempuan
Keywords: Pemberdayaan Masyarakat; Ekonomi Kreatif; Inovasi; Kelompok Ibu-Ibu Kreatif.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Nida' Ira Fatma Laily Khoirun
Date Deposited: 31 Oct 2021 09:26
Last Modified: 31 Oct 2021 09:26
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/50841

Actions (login required)

View Item View Item