Deteksi miskonsepsi siswa dalam menyelesaikan soal rasio dan perbandingan tipe HOTS menggunakan four tier diagnostic test

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Munawaroh, Madinatul (2021) Deteksi miskonsepsi siswa dalam menyelesaikan soal rasio dan perbandingan tipe HOTS menggunakan four tier diagnostic test. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Madinatul Munawaroh_D04217016.pdf

Download (2MB)

Abstract

Strategi pembelajaran yang tidak tepat akan menimbulkan miskonsepsi pada siswa. Miskonsepsi adalah kesalahan konsep yang tidak sesuai dengan pengertian ilmiah. Salah satu miskonsepsi yang dialami oleh siswa yaitu dalam menyelesaikan soal rasio dan perbandingan bertipe HOTs. Hal ini terjadi karena ada beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya miskonsepsi pada siswa. Salah satu cara untuk mendeteksi adanya miskonsepsi pada siswa dengan menggunakan Four Tier Diagnostic Test (FTD Test). Oleh karena itu, pada penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis-jenis miskonsepsi siswa yang merujuk pada teori Amien serta penyebab miskonsepsi pada siswa berdasarkan hasil wawancara setelah penyelesaian soal rasio dan perbandingan tipe HOTs menggunakan FTD Test. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Negeri 1 Pasuruan pada semester genap tahun ajaran 2020/2021. Pemilihan subjek menggunakan teknik Purposive Sampling. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari 5 siswa kelas VII-G MTs Negeri 1 Pasuruan yang mengalami miskonsepsi paling banyak diantara 36 siswa berdasarkan hasil FTD Test. Instrumen yang digunakan berupa tes diagnostik empat tingkat dengan materi rasio dan perbandingan dan pedoman wawancara. Berdasarkan dari kombinasi jawaban siswa pada FTD Test, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa kelas VII-G MTs Negeri 1 Pasuruan mengalami tiga jenis miskonsepsi pada materi rasio dan perbandingan, yaitu miskonsepsi klasifikasional, miskonsepsi korelasional, dan miskonsepsi teoritikal. Penyebab miskonsepsi yang dialami oleh siswa adalah siswanya sendiri yang kesulitan membangun ide atau gagasan dalam menyelesaikan masalah yang dipengaruhi oleh kurangnya minat siswa dengan mata pelajaran matematika, pembelajaran secara daring, adanya pertentangan antara penjelasan guru dengan penjelasan di buku paket, serta terbiasanya dalam mengerjakan soal-soal rutin yang diberikan oleh guru.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Munawaroh, Madinatulmadinatulm31@gmail.comD04217016
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKusaeri, Kusaerikusaeri@uinsby.ac.id2006077202
Thesis advisorArrifadah, Yuniyuni.arrifadah@uinsby.ac.id2005067301
Subjects: Matematika
Pendidikan
Keywords: Miskonsepsi; soal Rasio dan Perbandingan; HOTs; Four Tier Diagnostic Test.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Madinatul Munawaroh
Date Deposited: 31 Oct 2021 10:19
Last Modified: 31 Oct 2021 10:19
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/50850

Actions (login required)

View Item View Item