Analisis pemahaman konsep aljabar mengacu pada teori apos ditinjau dari gaya belajar interpersonal

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Lestari, Adela Ayu (2021) Analisis pemahaman konsep aljabar mengacu pada teori apos ditinjau dari gaya belajar interpersonal. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Adela Ayu Lestari_D74217075.pdf

Download (3MB)

Abstract

Salah satu topik dalam pembelajaran matematika adalah aljabar. Banyak dijumpai siswa mengalami kesulitan ketika menyelesaikan soal terkait aljabar, disebabkan kurangnya pemahaman aljabar pada diri siswa. Pemahaman konsep bisa dianalisis dengan menggunakan teori APOS (Aksi, Proses, Objek dan Skema). Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pemahaman konsep siswa pada materi bentuk aljabar mengacu pada teori APOS, dibedakan dari gaya belajar interpersonal kategori tinggi, sedang, dan rendah. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini diambil 6 siswa kelas VII-F MTsN 2 Sidoarjo yang diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan melalui angket, tes tulis dan wawancara. Instrumen dalam penelitian ini yaitu, lembar angket gaya belajar interpersonal, lembar tes tulis dan pedoman wawancara. Data lembar angket dicari standar deviasi dari hasil skor jawaban hingga diperoleh batas skor. Data tes tulis dan wawancara dipaparkan, direduksi dan dianalisis dengan menyesuaikan pada indikator pemahaman konsep pada teori APOS. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu, 1) Pemahaman konsep aljabar siswa yang memiliki gaya belajar interpersonal kategori tinggi sampai tahap skema diantaranya mampu menyelesaikan soal dengan menghubungkan pengetahuan yang dimiliki dan melibatkan semua tahap, serta mampu merefleksikannya; 2) Pemahaman konsep aljabar siswa yang memiliki gaya belajar interpersonal kategori sedang sampai tahap objek diantaranya mampu menyelesaikan soal dengan mengaitkan konsep yang dimiliki, namun belum mampu menyelesaikan masalah kontekstual menggunakan operasi bentuk aljabar; 3) Pemahaman konsep aljabar siswa yang memiliki gaya belajar interpersonal kategori rendah sampai tahap aksi diantaranya belum mampu menyelesaikan masalah kontekstual dan mengklasifikasikan operasi bentuk aljabar yang dipilih ke dalam sifat-sifatnya dengan baik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Lestari, Adela Ayuadelaayu01@gmail.comD74217075
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKusaeri, Kusaerikusaeri@uinsby.ac.id2006077202
Thesis advisorSadieda, Lisanul Uswahlisanuluswah@yahoo.com2026098302
Subjects: Matematika
Pendidikan
Keywords: Konsep; Teori APOS; Aljabar; Gaya Belajar; Interpersonal.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Adela Ayu Lestari
Date Deposited: 30 Oct 2021 23:33
Last Modified: 30 Oct 2021 23:33
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/50851

Actions (login required)

View Item View Item