Pengaruh literasi terhadap kecenderugan membayar zakat: studi pada masyarakat di Kecamatan Pucuk,Kabupaten Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rohmah, Sifa'ur (2021) Pengaruh literasi terhadap kecenderugan membayar zakat: studi pada masyarakat di Kecamatan Pucuk,Kabupaten Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Sifa'ur Rohmah_G95217064.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian yang berjudul “Pengaruh Literasi Terhadap Kecenderungan Membayar Zakat: Studi Pada Masyarakat Di Kecamatan Pucuk, Kabupaten Lamongan” penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagimana, pengaruh literasi terhadap kecenderungan membayar zakat, masyarakat di Kecamatan Pucuk, Kabupaten Lamongan. Serta Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh literasi terhadap kecenderungan membayar zakat masyarakat di Kecamatan Pucuk, Kabupaten Lmaongan. Penelitian ini mengunakan metode pendekatan kuantitatif, adapun metode yang digunakan adalah survey,dimana data dan informasi dikumpulkan guna mendapatkan penjelasan mengenai kesesuaian korelasi antar pengaruh literasi terhadap kecenderugan masyarakat dalam membayar zakat dengan mengunakan media kuesioner. Sampel dari penelitian ini mengunakan 99 orang responen. adapun pengambilan sampel akan dilakukan secara acak (random). Teknik analisis yang digunakan adalah uji statistic melalui uji regresi linier sederhana, uji t (parsial), dan juga uji koefisien determinasi (R2). Hasil penelitian dengan mengunakan uji t ( parsial) menunjukan bahwa pengaruh variabel literasi mempunyai pengaruh positif dan sinifikan terhadap kecenderugan masyarakat dalam membayar zakat.dengan nilai t hitung > t tabel ( 8,480 > 1,985 ) dengan nilai signifikansi lebih kacil dari 0,05 ( 0,00 < 0,05). sedagkan hasil uji koefisien determinasi (R2) yang diperoleh sebesar 0,426 ini berarti bahwa pengaruh literasi zakat (X) terhadap kecenderugan masyarakat dalam membayar zakat (Y) sebesar 42%, sedagkan sisanya sebesar 68% dipengaruhi oleh variabel lain, yang tidak dibahas dalam penelitian. Berdasarkan hasil penelitian, diharapkan Agar kecenderugan masyarakat dalam membayar zakat kearah yang lebih positif masyarakat harus lebih menambah lagi literasi zakat yang dimiliki. Dan untuk peneliti selanjutnya peneliti yang akan melakukan penelitain yang sama bias menambah faktor-faktor lain yang bisa mempengaruhi kecenderugan masyarakat dalam membayar zakat

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rohmah, Sifa'ursifaurrohmah462@gmail.comG95217064
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorDarmawan, Darmawandai.wawan@gmail.com2010048001
Subjects: Zakat
Keywords: Literasi Zakat; Kecenderungan Masyarakat; Membayar Zakat.
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat dan Wakaf
Depositing User: Sifa'ur Rohmah
Date Deposited: 03 Nov 2021 11:37
Last Modified: 03 Nov 2021 11:37
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/50854

Actions (login required)

View Item View Item