Tradisi Basapa Tarekat Syattariyah di Nagari Manggopoh Palak Gadang Ulakan Padang Pariaman: studi living Quran terhadap ayat-ayat zikir

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Indah, Selvia Kelviana (2021) Tradisi Basapa Tarekat Syattariyah di Nagari Manggopoh Palak Gadang Ulakan Padang Pariaman: studi living Quran terhadap ayat-ayat zikir. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Indah Selvia Kelviana_E93217064.pdf

Download (3MB)

Abstract

Alquran membawa banyak manfaat dan keberkahan dunia akhirat untuk beragam persoalan kehidupan. Ia diturunkan sebagai sumber petunjuk utama untuk para muttaqin serta petunjuk hidup bagi manusia agar tidak tersesat. Banyak pelajaran dalam Alquran yang dapat diambil dan diaplikasikan ke dalam kehidupan sehari-hari. Pengaplikasian ayat alquran dalam kehidupan sehari-hari disebut dengan living quran. Salah satu contoh pengaplikasian ayat Alquran dalam tradisi Basapa ialah zikir, shalat, tadabbur alam, mengingat kematian.Tujuan dalam penelitian ini ialah untuk megetahui prosesi tradisi Basapa, pemahaman masyarakat terhadap Basapa dan implementsi ayat Alquran dalam tradisi Basapa di Nagari Manggopoh Palak Gadang Ulakan Tapakis. Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti ialah penelitian lapangan field research dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Metode yang digunakan ialah metode living quran. Hasil dilapangan menunjukkan latar belakang pelaksanaan kegiatan basapa ialah bentuk wujud syukur dan rasa hormat kepada Syekh Burhanuddin. Berzikir dengan cara bertawassul ke makam Syekh Burhanuddin diharapkan semua doa dan permintaan lebih cepat dan tepat sampainya kepada Allah. Tradisi ini dilaksanakan pada Rabu minggu ke 2 dan ke 3 dibulan Safar. Tradisi ini diawali dengan ziarah makam Syekh Burhanuddin, Shalat wajib, tausiyah dan diakhiri dengan membacar zikir 70.000 tahlil 70.000. Masyarakat setempat percaya jika kita bisa mentahlilkan diri atau orang yang telah meninggal dunia maka ia akan terhindar dari api neraka. Jamaah Tarekat Syattariah senantiasa berzikir dengan suara keras jahr.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Indah, Selvia KelvianaIndahselviakelviana@gmail.comE93217064
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFejrian, Yazdajird Iwanebeliwanebel@uinsby.ac.id2004039001
Subjects: Tafsir > Tafsir Al Qur'an
Keywords: Living quran; Basapa; Zikir; Tarekat.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Indah Selvia Kelviana
Date Deposited: 01 Nov 2021 01:45
Last Modified: 01 Nov 2021 01:45
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/50857

Actions (login required)

View Item View Item