Upaya pengembangan karakter siswa melalui implementasi program unggulan berbasis kearifan lokal dan religius di Sekolah menengah atas Negeri 8 Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Yanti, Dwi (2021) Upaya pengembangan karakter siswa melalui implementasi program unggulan berbasis kearifan lokal dan religius di Sekolah menengah atas Negeri 8 Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dwi Yanti_D93217045.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjawab fokus penelitian Upaya Pengembangan Karakter Siswa di SMAN 8 Surabaya, Implementasi Program Unggulan Berbasis Kearifan Lokal dan Religus Di SMAN 8 Surabaya dan Upaya Pengembangan Karakter Siswa Melalui Implementasi Program Unggulan Berbasis Kearifan Lokal dan Religius Di Sekolah Menengah Atas Negeri 8 Surabaya. Jenis penelitian ini deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, waka kesiswaan, waka humas, guru kelas, guru PAI, wali murid, siswa. Data penelitian diperoleh melalui wawancara, dokumentasi, dan observasi. Peneliti menggunakan model interaktif Miles dan Huberman dalam melalukan analisis dan interpretasi data serta menggunakan teknik trianggulasi dalam menguji keabsahan data peneliti. Hasil penelitian yang diperoleh menyatakan bahwa (1) Upaya pengembangan karakter siswa di SMAN 8 Surabaya ini telah melakukan upaya pngembangan karakter secara umum yaitu Disiplin, Siswa masuk ke kelas sembari senyum salam sapa, Doa bersama pembukaan pelajaran di lanjutkan literasi kitab, Istirahat pertama dianjurkan untuk menunaikan shalat Dhuha dan istirahat kedua untuk menunaikan shalat Dzuhur secara berjamaah, Infaq shadaqoh tiap hari selasa dan jumat, shalat jum’at berjamaah kegiatan keputrian bagi siswa muslimah dan kegiatan kerohanian bagi pemeluk agama lain. (2) Dampak upaya pengembangan karakter siswa melalui implementasi program unggulan berbasis kearifan lokal dan religius di SMAN 8 Surabaya yaitu siswa semakin terbiasa menerapkan kegiatan yang ada di sekolah sehingga di luar sekolah mereka juga tidak lupa menerapkannya. (3) Faktor pendukung dan penghambat upaya pengembangan karakter siswa melalui implementasi program unggulan berbasis kearifan lokal dan religius di SMAN 8 Surabaya pada faktor pendukungnya yaitu lingkungan didaerah lingkungan religius atau berada didaerah komplek Sunan Ampel, serta seluruh stakoholder (pemimpin/kepala sekolah, para guru, waka, kariyawan, masyarakat), dan sarana prasarana yang memadai. Sedangkan dalam faktor penghambatnya adalah untuk shalat jum’at perlu tambahan mesjid karena mesjid tidak mampu menampung jumlah siswa, dan penghambatnya ada disisi keuangan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Yanti, Dwidwi971942@gmail.comD93217045
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAM, Mukhlishahmukhlishah.bki@gmail.com2005056801
Thesis advisorSholihah, Ni'matusnickssholihah@yahoo.com2002087303
Subjects: Budaya - Agama
Keywords: Pengembangan karakter siswa; Dampak; Faktor pendukung dan penghambat.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: dwi yanti
Date Deposited: 02 Nov 2021 02:13
Last Modified: 02 Nov 2021 02:13
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/50866

Actions (login required)

View Item View Item