المفعول به وأنواعه في كتاب "متن سلم التوفيق" لشيخ عبد الله بن حسين باعلوى (دراسة تحليلية نحوية)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nur'Aini, Abidatun (2021) المفعول به وأنواعه في كتاب "متن سلم التوفيق" لشيخ عبد الله بن حسين باعلوى (دراسة تحليلية نحوية). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Abidatun Nur Aini_ A91217090.pdf

Download (3MB)

Abstract

Salah satu kajian kenahwuan yang menarik untuk dibahas adalah Ma’ful Bih.Secara garis besar Maf’ul sendiri terbagi menjadi 4 yaitu Maf’ul Bih, Maf’ul Muthlaq, Maf’ul Min Ajlih, dan Maf’ul Ma’ah. Adapun dalam skripsi ini peneliti hanya berfokus pada Maf’ul Bih.Menurut hemat peneliti, maf’ul bih merupakan salah satu kajian yang kompleks dalam tata bahasa arab. Berbeda dalam tata bahasa indonesia yang mudah dipahami dan dimengerti. Dalam beberapa literatur Sastra Indonesia, kajian tentang Objek (Maf’ul Bih) sering dikomparasikan fungsi maupun jenisnya di ranah tata bahasa arab dan indonesia. Maf’ul Bih sendiri adalah Isim yang dibaca nashob dan terletak setelah fi’il dan fa’il. Maf’il Bih terbagi menjadi dua macam: Maf’ul Bih Shorih dan Ghoiru Shorih. Maf’ul Bih Shorih kemudian terpecah menjadi Maf’ul Bih Isim Dhamir(Muttashil dan Munfashil) dan Isim Dhahir. Sedangkan Maf’ul Bih Ghoiru Shorih terpecah menjadi 3 yaitu: Maf’ul Bih Jer Majrur, Jumlah Muawwal, dan Mashdar Muawwal. Dalam skripsi yang berjudul Macam-macam Maful Bih pada kitab Matan Sullam at Taufiq Karya Syaikh Abdullah Bin Husain Baalawi ini terdapat keistimewaan sehingga peneliti tertarik untuk mengkajinya lebih dalam. Diantara lain adalah kitab ini menjadi salah satu kitab terpopuler di dunia Pesantren karna dikenal keringkasannya dalam memaparkan ilmu-ilmu dasar islam yang penting. Selain itu juga memiliki kosakata yang mudah dipahami pembaca. Adapun tiitk fokus permasalahan dalam pembahasan ini adalah Apa sajakah macam-macam Maf’ul Bih pada kitab Matan Sullam at Taufiq Karya Syaikh Abdullah Bin Husain Baalawi?, sehingga mendorong peneliti untuk menggunakan metode Deskriptif. Tahap-tahap penelitian ini adalah membaca dan memahami teori-teori yang berkaitan kemudian menyusunnya secara sistematis.Berdasarkan analisis tersebut, dapat diperoleh bahwa: Terdapat 23 Maf’ul Bih Isim Dhamir Muttashil berupa Ha,Hi, dan Hu. 32 Maf’ul Bih Isim Dhahir berupa isim mufrad. 2 Maf’ul Bih Jer Majrur. Masing-masing tersebut adalah jumlah yang hanya membutuhkan satu maf’ul.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nur'Aini, Abidatunainiyaabdul@gmail.comA91217090
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyaikhu, Ahmad--2008066801
Subjects: Bahasa Arab > Tata Bahasa
Keywords: Nahfu; Maf'uh Bih.
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Abidatun Nur'aini
Date Deposited: 02 Nov 2021 01:12
Last Modified: 02 Nov 2021 01:12
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/50868

Actions (login required)

View Item View Item