Analisis kinerja keuangan daerah Pemerintah Kota Surabaya tahun 2015-2019

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Abdulaziz, Nuzulul Siswo (2021) Analisis kinerja keuangan daerah Pemerintah Kota Surabaya tahun 2015-2019. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nuzulul Siswo Abdulaziz_G71217076.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan ialah data sekunder yang berasal dari situs web Badan Pengelolaan Keuangan dan Pajak Daerah Kota Surabaya. Peneliti mengumpulkan data dengan cara dokumentasi yang berasal dari tulisan, transkrip, buku, jurnal, dan data yang berasal dari situs web lembaga pemerintah serta data-data lainnya yang memiliki keterkaitan dengan masalah penelitian. Teknik analisis data menggunakan rasio keuangan, berupa rasio efisiensi, rasio efektivitas dan rasio kemandirian keuangan daerah. Hasil penelitian ini ialah jika dilihat dari tingkat efisiensi menunjukkan bahwa keuangan daerah Pemerintah Kota Surabaya Tahun anggaran 2015-2019 keuangan daerah Kota Surabaya apabila dilihat dari tingkat efisiensi tergolong kurang efisien dan tidak efisien, karena rasio efisiensi berada antara 90%-100% dan lebih dari 100%. Ditinjau dari tingkat efektivitas kinerja Pemerintah Kota Surabaya masuk pada kategori sangat efektif dalam pengelolaan realisasi pendapatan Kota Surabaya, karena rata-rata berada pada nilai maksimum rasio efektifitas yaitu diatas 100%. Sedangkan bila ditinjau dari tingkat kemandirian keuangan daerah menunjukkan bahwa tingkat ketergantungan Pemerintah Kota Surabaya terhadap Pemerintah Pusat berada pada kategori delegatif, yakni tidak ada campur tangan atau bantuan Pemerintah Pusat, hal ini dikarenakan nilai rata-rata kemandirian keuangan daerah Pemerintah Kota Surabaya tahun anggaran 2015-2019 sebesar 166,23%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Abdulaziz, Nuzulul Siswonuzululsiswoaziz@gmail.comG71217076
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorUtami, Betty Silfia Ayubetty.silfia@uinsby.ac.id0010068707
Subjects: Keuangan
Keywords: Kinerja Keuangan Daerah; Efisiensi; Efektivitas dan Kemandirian Keuangan Daerah.
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Nuzulul Siswo Abdulaziz
Date Deposited: 02 Nov 2021 03:08
Last Modified: 02 Nov 2021 03:08
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/50869

Actions (login required)

View Item View Item