Akhlak yang terkandung dalam Pitutur Luhur Jawa: Serat Wulangreh Pupuh Gambuh (Semiotika Charles S. Pierce)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ma'ruf, Fahmi Irfan (2021) Akhlak yang terkandung dalam Pitutur Luhur Jawa: Serat Wulangreh Pupuh Gambuh (Semiotika Charles S. Pierce). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fahmi Irfan Ma'ruf_B91217115.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini menjelaskan tentang “bagaimana analisis makna sebuah naskah lama Jawa yang menjadi karya yang terkenal pada zamannya yakni serat wulangreh dengan perilaku Islami yang kerap terjadi pada saat ini serta membedah beberapa makna dari bait-bait yang terdapat dalam serat wulangreh”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tanda-tanda yang terkandung dalam serat wulangreh pupuh gambuh dari 17 bait yang disajikannya dengan menggunakan analisis semiotik milik Charles Sander Pierce. Penelitian diharapkan dapat memberikan pemahaman bagi pembaca dan penulis mengenai makna yang tersurat dan tersirat dalam serat Wulangreh Pupuh Gambuh dalam berperilaku yang telah diatur dalam agama Islam. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif analisis teks media. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan dokumentasi (amati, catat, dan analisis). Kesimpulan dari penelitian ini adalah makna yang terkandung dalam serat Wulangreh Pupuh gambuh memiliki pesan dakwah dan akhlak tentang urgensi nasehat, menjauhi diri dari kesombongan serta sabar dan berhati-hati dalam bersikap. Saran dan rekomendasi penulis, untuk pembaca segala bentuk naskah yang hendak diteliti perlu kiranya untuk dipahami dan mendapatkan pemahaman dari para ahli, sehingga menghasilkan analisis yang rinci dan baik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ma'ruf, Fahmi Irfanfahmirfan98@gmail.comB91217115
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSunarto, Sunartonarto_as@yahoo.com2026126901
Subjects: Akhlak
Akhlak > Akhlak Mulia
Dakwah
Keywords: Semiotik; Wulangreh; Perilaku Islam.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Fahmi Fahmi Irfan Ma'ruf fahmi
Date Deposited: 04 Nov 2021 22:28
Last Modified: 04 Nov 2021 22:28
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/50900

Actions (login required)

View Item View Item