Hadis tentang setan mengencingi telinga seseorang yang tidur: kajian hadis dalam kitab musnad Asy Syamiyyin nomor Indeks 1339

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ulfa, Amalia (2020) Hadis tentang setan mengencingi telinga seseorang yang tidur: kajian hadis dalam kitab musnad Asy Syamiyyin nomor Indeks 1339. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Amalia Ulfa_ E95216051.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini muncul berawal dari ketaksengajaan Penulis menemukan sebuah hadits tentang setan yang kencing di telinga orang yang tidur yang diriwayatkan oleh Thabarani dalam kitabnya, Musnad al-Syamiyyin. Penetapan kualitas pada hadits tersebut, terutama pada jalur sanadnya oleh Thabarani dikategorikan sebagai dlo'if. Namun, pada riwayat lain seperti beberapa kitab hadits shohih yang mu'tabaroh, seperti kutub al-sittah yang memiliki kesamaan matan dan beberapa jalur sanad yang sama mengkategorikan kualitas hadits itu sebagai shohih. Dari sinilah penelitian ini dimulai dengan tujuan memeriksa lebih lanjut kualitas hadits, alasan kenapa Thabarani mendlo'ifkan hadits tersebut sementara para pengarang kutub al-sittah tidak. Hingga pada puncaknya, tujuan penelitian ini berusaha dari beberapa literatur hadits yang terdapat dalam kitab shohih yang mu'tabaroh dapat mengangkat status kedlo'ifan tersebut. Minimal naik satu tingkat di atasnya, yakni dari status dlo'if menjadi berstatus hasan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif berjenis library research, di mana pengkajian itu mengumpulkan beberapa tema hadits terkait dan al-Quran yang memiliki kesamaan atau kedekatan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa riwayat hadits dari Thabarani yang dinilai dlo'if dapat terangkat kualitasnya menjadi hasan, sehingga hadits ini dapat dijadikan sebagai hujjah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ulfa, Amaliaameliaulfa992@gmail.comE95216051
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorUmar, Athoillahdakatir@live.com197909142009011005
Thesis advisorFaruq, Umar--2005076201
Subjects: Hadis
Keywords: Setan; Kencing; Telinga.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Hadis
Depositing User: Amalia Ulfa
Date Deposited: 02 Nov 2021 21:45
Last Modified: 02 Nov 2021 21:45
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/50908

Actions (login required)

View Item View Item