Implikasi tumbuhan Al-SanᾹ dalam kehidupan: kajian Ma’ani Al-Hadith Riwayat Sunan Al-Tirmidhi No. Indeks 2081

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Chuzaimah, Anggi (2021) Implikasi tumbuhan Al-SanᾹ dalam kehidupan: kajian Ma’ani Al-Hadith Riwayat Sunan Al-Tirmidhi No. Indeks 2081. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Anggi Chuzaimah_E05216005.pdf

Download (2MB)

Abstract

Segala kehidupan yang ada didunia ini selalu ada keterlibatan dalam kehidupan. Salah satu keterlibatan yang diciptakan Allah di dunia adalah tumbuhan. Tumbuhan al-sana mempunyai banyak manfaat. Seperti yang telah dijelaskan dalam hadis Nabi SAW sebelum dunia kesehatan dan botani mengetahuinya. Sehingga penelitian ini ingin membuktikan kebenaran sabda Nabi untuk membuktikan keterkaitan dengan kehidupan. Karena itu, penelitian ini mencoba membahas mengenai implikasi tumbuhan al-san dalam kehidupan kajian ma’ani al-ḥadῑth riwayat sunan al-Tirmidhi nomer indeks 2081. Penelitian ini memfokuskan pada kualitas dan ke-hujjahan-an sanad dan matan hadis dan keberadaan al-sana dalam kehidupan serta kontribusi kitab sunan al-Tirmidhi. Penelitian ini berfungsi untuk memperoleh data kualitas dan ke-hujjahan-an sanad dan matan hadis, untuk menjelaskan kegunaan senna dalam kehidupan dan juga sumbangsih kitab sunan al-Tirmidhi bagi penelitian selanjutnya.bersifat kepustakaan. Sumber primernya diambil dari kitab sunan al-Tirmidhῑ. Sementara sumber sekunder diambil dari kitab musthalah al-hadith, sharah hadis, Ensiklopedia Tumbuhan, jurnal-jurnal, dan tulisan yang berkaitan dengan penelitian. Penelitian ini menggunakan teori ma’ni al-ḥadīth dengan ilmu sains. Sedangkan dalam mengemukakan hasil penelitian menggunakan metode deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan status dan kehujjahan hadis tumbuhan al-sana berstatus hasan dan dapat diamalkan dalam kehidupan, diantaranya sebagai obat penyakit kulit, kesehatan (laksatif) dan mengatasi rambut. Serta kontribusi kitab sunan al-Tirmidhi adanya penilaian kualitas terhadap hadis-hadis yang ada pada kitabnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Chuzaimah, Anggianggichuzaimah02@gmail.comE05216005
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorArifin, Zainulzen.arifin56@gmail.com2002025601
Subjects: Hadis
Indeks
Keywords: Tumbuhan al-sana; Sunan al-Tirmidhi.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Hadis
Depositing User: Anggi Chuzaimah
Date Deposited: 03 Nov 2021 22:28
Last Modified: 03 Nov 2021 22:28
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/50915

Actions (login required)

View Item View Item