Peran kepala sekolah dalam meningkatkan program Iman dan Takwa (IMTAK) di SMP Negeri 13 Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Adzkiya', Nidda Mar'atul (2021) Peran kepala sekolah dalam meningkatkan program Iman dan Takwa (IMTAK) di SMP Negeri 13 Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nidda Mar'atul Adzkiya'_D03217027.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan program iman dan takwa (IMTAK) di SMP Negeri 13 Surabaya, untuk menganalisis peran kepala sekolah dalam meningkatkan program iman dan takwa (IMTAK) di SMP Negeri 13 Surabaya, dan untuk mengungkapkan faktor pendukung dan penghambat peningkatan iman dan takwa (IMTAK) di SMP Negeri 13 Surabaya. Jenis penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi. Proses analisis data dengan melakukan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk uji keabsahan data peneliti menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa, (1) Pelaksanaan program iman dan takwa di SMP Negeri 13 Surabaya meliputi 3 strategi pelaksanaan program iman dan takwa yakni pembinaan iman dan takwa melalui intrakurikuler, pembinaan iman dan takwa melalui ekstrakurikuler, dan pembinaan iman dan takwa melalui pesantren kilat. (2) Peran kepala sekolah dalam meningkatkan program iman dan takwa (IMTAK) di SMP Negeri 13 Surabaya ditunjukkan dengan menjalankan tujuh peran, diantaranya: peran sebagai educator, peran sebagai manajer, peran sebagai administrator, peran sebagai supervisor, peran sebagai leader, peran sebagai inovator, dan peran sebagai motivator. (3) Faktor pendukung dan penghambat peningkatan program iman dan takwa di SMP Negeri 13 Surabaya, diantaranya: tata tertib, tenaga pembina, dan sarana prasarana yang memadai. Adapun faktor penghambat peningkatan imtak ini, diantaranya lingkungan peserta didik dan kurangnya motivasi dalam diri peserta didik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Adzkiya', Nidda Mar'atulnidaadzkiya29@gmail.comD03217027
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKholis, Nurnurkholis08@gmail.com2011036701
Thesis advisorRifa'i, Muhammad Khoirulrifai@uinsby.ac.id2012078201
Subjects: Budaya - Agama
Kepala Sekolah
Keywords: Peran Kepala Sekolah; Program Iman dan Takwa (IMTAK).
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Nidda Mar'atul Adzkiya'
Date Deposited: 08 Nov 2021 23:43
Last Modified: 08 Nov 2021 23:43
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/50958

Actions (login required)

View Item View Item