Peran pesantren dalam implementasi asas transaksi syariah pada BMT Al Rosyid Berkah Bersama

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Muna, Izzatul (2021) Peran pesantren dalam implementasi asas transaksi syariah pada BMT Al Rosyid Berkah Bersama. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Izzatul Muna_F12418170.pdf

Download (3MB)

Abstract

Dewasa ini, BMT mulai banyak berkembang, bahkan pondok pesantren mulai banyak mendirikan lembaga keuangan BMT. Dalam menjalankan kegiatannya, BMT perlu berpegang terhadap nilai-nilai transaksi syariah yang sesuai dengan ajaran Islam. Salah satu nilai-nilai yang harus dipegang yaitu asas transaksi syariah. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis peran pesantren dalam implementasi asas transaksi syariah pada BMT Al Rosyid Berkah Bersama yang bertempat di kecamatan Dander, kabupaten Bojonegoro. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif yaitu field research, dengan pola pikir model deduktif. Riset kualitatif dikerjakan dalam keadaan asli dan sebenarnya, serta sifatnya berupa temuan baru. Pada riset kualitatif, peneliti menjadi instrumen yang paling utama atau kunci dari penelitian tersebut. Oleh karna itu peneliti diharuskan mempunyai landasan teori serta pemahaman yang lebih baik dalam mengkaji serta mengkonstruk objek yang diamati jadi makin jelas. Dari penelitian ini, ditemukan beberapa bentuk implementasi asas transaksi syariah yang telah diupayakan pihak BMT. Bentuk implementasi asas transaksi syariah pada BMT dikemas dalam berbagai usaha dan kegiatan. Asas transaksi syariah tersebut adalah: implementasi asas persaudaraan (ukhuwwah), implementasi asas keadilan (‘adālah), implementasi asas kemaslahatan (maṣlahah), implementasi asas keseimbangan (tawāzun) dan implementasi asas Universalisme (shumuliyyah).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Muna, Izzatuliamizzatulmuna@gmail.comF12418170
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKhotib, Khotibkhotibsholeh@gmail.com2008066902
Thesis advisorMuhammad, Lathoif Ghozalimuhammadlathoif@gmail.com2003117501
Subjects: Pendidikan > Pesantren
Keywords: BMT; Pondok pesantre;Asas transaksi syariah.
Divisions: Program Magister > Ekonomi Islam
Depositing User: Izzatul Muna
Date Deposited: 11 Nov 2021 01:53
Last Modified: 11 Nov 2021 01:53
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/50978

Actions (login required)

View Item View Item