Penguatan pendidikan karakter dalam mengantisipasi Perundungan di SMPN 3 Blitar

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rizky, Hanifa (2021) Penguatan pendidikan karakter dalam mengantisipasi Perundungan di SMPN 3 Blitar. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Hanifa Rizky_D93217095.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjawab focus penelitian mengenai pelaksanaan penguatan pendidikan karakter dalam mengantisipasi perundungan di SMPN 3 Blitar, faktor pendukung dan penghambat penguatan pendidikan karakter dalam mengantisipasi perundungan di SMPN 3 Blitar, dan dampak penguatan pendidikan karakter dalam mengantisipasi perundungan di SMPN 3 Blitar. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kesiswaan, penanggungjawab penguatan pendidikan karakter, wali kelas, komite, dan siswa. Data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Peneliti menggunakan model interaktif Miles dan Huberman dalam melakukan analisis dan intepretasi data serta menggunakan teknik triangulasi dalam menguji keabsahan data penelitian. Hasil penelitian yang diperoleh menyatakan bahwa (1) pelaksanaan penguatan pendidikan karakter dalam mengantisipasi perundungan di SMPN 3 Blitar melalui kegiatan kurikuler, kokurikuler, pembiasaan dan ekstrakurikuler yang memuat nilai-nilai penguatan pendidikan karakter dalam mengantisipasi perundungan (2) faktor pendukung penguatan pendidikan karakter di SMPN 3 Blitar adalah partisipasi aktif dari wali siswa, tata kelola dan manajemen sekolah yang baik, pemahaman pendidik tentang kurikulum 2013 serta sarana prasarana yang memadai, sedangkan faktor pengambatnya adalah beragamnya karakter dan latar belakang setiap anak serta pembinaan karakter tidak bisa dilakukan maksimal karena kegiatan pembelajaran daring (3) dampak penguatan pendidikan karakter dalam mengantisipasi perundungan di SMPN 3 Blitar adalah berkurangnya tindak perundungan di sekolah, terciptanya iklim sekolah yang baik dan nyaman, serta membentuk perilaku dan kepribadian yang baik secara individu maupun social.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rizky, Hanifahanifarizky94@gmail.comD93217095
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAsrohah, Hanunasrohah@yahoo.com2010046801
Thesis advisorMustofa, Aliali_mustofa76@yahoo.co.id2025127601
Subjects: Manajemen Pendidikan
Keywords: Penguatan Pendidikan Karakter; Mengantisipasi Perundungan.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Hanifa Rizky
Date Deposited: 14 Nov 2021 23:32
Last Modified: 14 Nov 2021 23:32
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/51038

Actions (login required)

View Item View Item