Optimalisasi pemberdayaan ekonomi melalui program pengembangan UMKM berbasis syariah oleh IPNU Jatim

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fahruddin, M. Farid (2021) Optimalisasi pemberdayaan ekonomi melalui program pengembangan UMKM berbasis syariah oleh IPNU Jatim. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
M. Farid Fahruddin_G04216045.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peran LPNU Jawa Timur dalam menjalankan program pengembangan UMKM berbasis syariah dan untuk mengetahui upaya optimalisasi dalam pemberdayaan ekonomi melalui program pengembangan UMKM berbasis syariah oleh LPNU Jawa Timur.Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan tujuan mendiskripsikan fenomena di lapangan. Data dari penelitian ini di peroleh melalui wawancara dan observasi langsung pada lokasi penelitian. Hasil dari penelitian ini menjawab bahwasanya LPNU mempunyai beberapa peran dalam menjalankan program pengembangan UMKM berbasis syariah ini, yakni peran fasilitator, peran edukasional, peran representatif. Adapun untuk mengoptimalisasikan pemberdayaan ekonomi melalui program ini, LPNU Jawa Timur memiliki langkah dan juga strategi, yakni menciptakan wirausaha, pemberdayaan usaha dan juga menjadikan anggotanya untuk mempunyai kemampuan dalam kreatifitas. Adapun saran kepada LPNU Jatim yaitu untuk selalu monitoring anggotanya, monitoring bisa dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui berdayanya anggota dalam hal ekonomi, menguatkan pemahaman anggota dalam hal digital marketing, agar anggota bisa menjangkau pasar yang lebih luas.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fahruddin, M. FaridFn.faridfahruddin@gmail.comG04216045
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSamsuri, Andrianiandriani@uinsby.ac.id2002087603
Subjects: Ekonomi Islam
Organisasi Masyarakat
Pemberdayaan
Keywords: Optimalisasi; Pemberdayaan ekonomi; Pengembangan UMKM berbasis syariah; LPNU Jatim.
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: M. Farid Fahruddin
Date Deposited: 17 Nov 2021 22:23
Last Modified: 17 Nov 2021 22:23
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/51040

Actions (login required)

View Item View Item