Analisis dampak pandemi Covid-19 terhadap pelayanan haji dan umroh di KBIHU Annuuriyyah Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Adi, Setiawan (2021) Analisis dampak pandemi Covid-19 terhadap pelayanan haji dan umroh di KBIHU Annuuriyyah Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Adi Setiawan_G04217004.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif, yaitu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif. Data primer digunakan sebagai data utama di dalam penelitian kali ini. kemudian untuk data sekunder sendiri digunakan sebagai data pendukung data primer. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu melalui observasi, wawancara, dan studi pustaka baik berupa buku-buku, jurnal, karya tulis ilmiah, dan dokumen lainnya. Hasil penelitian ini menemukan bahwa dalam menghadapi pandemi Covid-19 KBIHU Annuuriyyah sudah menyiapkan strategi pelayanan yaitu strategi membangun kepercayaan dengan jamaah, dan strategi menggunakan media online (WhatsApp, WhatsApp Group, dan Facebook). Munculnya wabah pandemi Covid-19 berdampak langsung terhadap pelayanan haji dan umroh di KBIHU Annuuriyyah, mulai dari biaya umroh dipastikan meningkat akibat pandemi, penurunan jumlah pendaftar calon jamaah haji, penundaan pemberangkatan haji dan umroh, serta pembimbingan belum bisa berjalan. Meskipun pandemi KBIHU tetap melayani masyarakat menggunakan pelayanan dalam Islam dengan prinsip tolong menolong (ta’awun), prinsip memberi kemudahan (at-taisir), prinsip persamaan (musawah), dll.Dari hasil penelitian ini peneliti memiliki saran pada KBIHU Annuuriyyah harus terus memberikan berita terbaru dan terupdate melalui media online yang digunakannya terkait pemberangkatan haji dan umroh, agar dari jamaah tidak ketinggalan pemberangkatan haji maupun umroh pada saat sudah diperbolehkan melakukan ibadah ke tanah suci. Bagi anggota yang bekerja pada proses pelayanan harus lebih memahami bagaimana membangun kepercayaan dengan jamaah dan bagaimana penggunaan media online WhatsApp, WhatsApp Group, dan Facebook.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Adi, Setiawanadisantri67@gmail.comG04217004
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorGhozali, Muhammad Lathoifmuhammadlathoif@gmail.com2003117501
Subjects: Ekonomi Islam
Keywords: Dampak pandemi civid 19; Pelayanan haji umroh.
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: adi setiawan
Date Deposited: 14 Nov 2021 23:27
Last Modified: 14 Nov 2021 23:27
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/51041

Actions (login required)

View Item View Item