Bibliotherapy untuk Mengatasi Overthinking Seorang Pemudi di Desa Jombatan Kecamatan Kesamben Kabupaten Jombang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Indrasari, Aulia (2021) Bibliotherapy untuk Mengatasi Overthinking Seorang Pemudi di Desa Jombatan Kecamatan Kesamben Kabupaten Jombang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Aulia Indrasari_B93217125.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini memiliki masalah terkait, Bagaimana proses bibliotherapy dalam mengatasi overthinking pada pemudi di desa jombatan kecamatan kesamben kabupaten jombang, dan Bagaimana dampak atau hasil bibliotherapy dalam mengatasi overthinking pada pemudi di desa jombatan kecamatan kesamben kabupaten jombang. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Sedangkan untuk analisis peneliti menggunakan analisis deskriptif komparatif. Proses konseling dilakukan dalam beberapa tahap yaitu identifikasi masalah, diagnosis, prognosis, treatment dan evaluasi. Bahan bacaan yang digunakan dalam tahapan treatment yaitu buku You Are Overthinking: Pada Dasarnya Semua Baik- baik Saja karya Ratna Widia dan juga menggunakan beberapa ayat Al- Quran sebagai pendukung konseling islam. Hasil temuan pada penelitian ini menunjukkan tahapan selama proses treatment menggunakan biblioterapi melalui lima tahapan antara lain; Diawali dengan motivasi, kemudian diberikan waktu untuk membaca bahan bacaan, selanjutnya inkubasi atau merenungkan hasil bacaan, kemudian dilanjutkan dengan diskusi atau tindak lanjut dan yang terakhir adalah evaluasi atau kesimpulan dari proses konseling yang dilakukan. Konseling dapat dikatakan berhasil karena dari proses tersebut diperoleh hasil perubahan dari perilaku konseli, yaitu adanya sikap memahami pernasalahannya, memiliki cara pandang baru dan mampu mengambil reaksi atau tindakan terhadap masalahnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Indrasari, Auliaauliaindrasari52@gmail.comb93217125
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAstutik, Srisri.astutik@uinsby.ac.id2005025902
Subjects: Bimbingan Konseling
Keywords: Overthinking; Biblioterapi; Konseling islam.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Aulia Indrasari
Date Deposited: 29 Nov 2021 09:10
Last Modified: 29 Nov 2021 09:10
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/51117

Actions (login required)

View Item View Item