فعالية تطبيق الوسيلة التعليمية Fi’lu-l Mu’tal Smart Finger في تعليم علم الصرف في برنامج نهضة الراغبين في اللغة العربية (Nafira) للصف الحادي عشر بالمدرسة الثانوية الإسلامية دار السلام سينجون جونبانج

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Khabibah, Ifa Nur (2021) فعالية تطبيق الوسيلة التعليمية Fi’lu-l Mu’tal Smart Finger في تعليم علم الصرف في برنامج نهضة الراغبين في اللغة العربية (Nafira) للصف الحادي عشر بالمدرسة الثانوية الإسلامية دار السلام سينجون جونبانج. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ifa Nur Khabibah_D92217054.pdf

Download (2MB)

Abstract

Bahasa Arab adalah salah satu bahasa yang dicirikan oleh banyaknya kata dan fleksibilitas dalam penggunaan makna, baik dengan infleksi atau derivasi atau dengan sintaksis, dan salah satunya yaitu dengan mempelajari ilmu shorof, yang merupakan kunci untuk memahami linguistik. Oleh karena itu Madrasah Aliyah Darussalam Sengon Jombang mengadakan program Nahdhotu Ar-Roghibin fii Lughah Al-Arobiyyah (Nafira) untuk membantu pembelajaran Bahasa Arab. Didalam program tersebut Siswa belajar ilmu Shorof, ilmu Nahwu, Balaghah, Muthola’ah, dan Khot. Dalam pembelajaran ilmu Shorof mereka menghadapi kesulitan terutama dalam memahami bab Fi’lu al-Mu’tal. Hal ini dikarenakan guru jarang menggunakan metode dan media pembelajaran yang tepat. Dalam hal ini peneliti mencoba menerapkan media pembelajaran Fi’lu-l Mu’tal Smart Finger, salah satu media pembelajaran yang menggunakan tiga jari pintar untuk menentukan konstruksi Fi’lu al-Mu’tal serta memberikan penggambaran dalam proses pembelajaran, memotivasi siswa saat menggunakannya, dan tidak membebani otak.Tujuan penelitian adalah:1. Untuk mengetahui kemampuan ilmu Shorof siswa pada program Nahdhotu Ar-Roghibin fii Lughah Al-Arobiyyah (Nafira) di Madrasah Aliyah Darussalam Sengon Jombang. 2. Untuk mengetahui penerapan media pembelajaran Fi’lu-l Mu’tal Smart Finger dalam pembelajaran ilmu Shorof pada program Nahdhotu Ar-Roghibin fii Lughah Al-Arobiyyah (Nafira) di Madrasah Aliyah Darussalam Sengon Jombang. 3. Untuk mengetahui efektivitas media pembelajaran Fi’lu-l Mu’tal Smart Finger dalam pembelajaran ilmu Shorof pada program Nahdhotu Ar-Roghibin fii Lughah Al-Arobiyyah (Nafira) di Madrasah Aliyah Darussalam Sengon Jombang.Peneliti menggunakan penelitian kuantitatif, dalam hal ini metode yang digunakan oleh peneliti ini adalah Purposive sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini antara lain observasi, wawancara, dokumen, dan tes.Hasil penelitian ini adalah: 1. Bahwa metode ini efektif untuk meningkatkan hasil belajar ilmu Shorof siswa. Dan hal ini bisa dilihat dari Nilai post-test siswa lebih bagus dari nilai pre-test siswa. 2. Adapun hasil uji-t diperoleh hasil 26,7, dan te yang diperoleh 2,7 dan 2481. Karena t lebih besar dari a maka hipotesis nol (Ho) ditolak (Ha) dapat diterima, dan hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil efisiensi belajar siswa yang tertinggal setelah menerapkan media pembelajaran Fi’lu-l Mu’tal Smart Finger dalam Pembelajaran Ilmu Shorof pada Program Nahdhotu Ar-Roghibin fii Lughah Al-Arobiyyah (Nafira) untuk Kelas Sebelas Madrasah Aliyah Darussalam Sengon Jombang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Khabibah, Ifa Nurifanurkh90@gmail.comD92217054
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSholehan, Sholehansholehan_tarbiyah@yahoo.com2004115901
Thesis advisorSyarifah, Ainunainunsyarifah@uinsby.ac.id2012067802
Subjects: Metode Pembelajaran
Pendidikan > Media
Keywords: Media pembelajaran; Fi’lu-l Mu’tal Smart Finger; Ilmu Shorof.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Ifa Nur Khabibah
Date Deposited: 21 Nov 2021 11:24
Last Modified: 21 Nov 2021 11:24
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/51122

Actions (login required)

View Item View Item