Pesan dakwah lirik lagu “Jalan Kebenaran” grup Band Gigi: analisis semiotik Roland Barthes

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hasri, Feri Dhani (2021) Pesan dakwah lirik lagu “Jalan Kebenaran” grup Band Gigi: analisis semiotik Roland Barthes. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaua.

[img] Text
Feri Dhani Hasri_B91217118.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pesan Dakwah Lirik Lagu “Jalan Kebenaran” Grup Band Gigi (Analisis Semiotik Roland Barthes). Permasalahan yang diteliti dalam skripsi ini ialah pesan dakwah yang terkandung dalam lirik lagu “Jalan Kebenaran” dari grup band Gigi berdasarkan teori analisis semiotik model Roland Barthes. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah analisis teks media. Pemilihan judul ini dilatar belakangi oleh bagaimana musik dewasa ini sudah menjadi bagian dari media untuk menyampaikan pesan-pesan dakwah. Islam sebagai agama dakwah selalu mendorong pemeluknya untuk senantiasa berdakwah dan menyebarkan ajaran agama Islam dengan berbagai metode yang ia kuasai, termasuk dengan menggunakan musik sebagai alternatif untuk berdakwah. Hasil dari penelitian ini ditemukan bahwa pesan dakwah yang terkandung dalam lirik lagu “Jalan Kebenaran” dari grup band Gigi ini tentang ajakan untuk terus bertaqwa kepada Allah dengan mematuhi segala perintah-Nya dan menjauhi segala larangan-Nya agar manusia selalu berada di jalan yang benar yaitu jalan yang Allah SWT kehendaki. Rekomendasi untuk penelitan selanjutnya ialah meneliti dengan menggunakan teori yang berbeda, agar hasil penelitiannya berbeda dan semakin berkembang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hasri, Feri Dhaniferydhani55@gmail.comB91217118
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorBachtiar, M. Anisanis_bachtiar@yahoo.com2019126902
Subjects: Dakwah > Dakwah, Komunikasi
Dakwah > Dakwah, Remaja
Dakwah > Pesan Dakwah
Pesan Dakwah
Keywords: Pesan Dakwah; Lirik Lagu; Gigi; Jalan kebenaran.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: feri dhani hasri
Date Deposited: 23 Nov 2021 02:55
Last Modified: 23 Nov 2021 02:55
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/51147

Actions (login required)

View Item View Item