Pengembangan media bimbingan dan konseling islam melalui Permainan Card The Talk untuk meningkatkan sikap Asertif anggota IPNU-IPPNU Ranting Mojopurogede Bungah Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Firmansyah, Guruh Mayonk (2021) Pengembangan media bimbingan dan konseling islam melalui Permainan Card The Talk untuk meningkatkan sikap Asertif anggota IPNU-IPPNU Ranting Mojopurogede Bungah Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Guruh Mayonk Firmansyah_B93217136.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui produk pengembangan media card the talk apakah memenuhi kriteria keberterimaan (kegunaan, kelayakan, dan kepatutan) untuk meningkatkan sikap asertif, serta menjelaskan hasil akhir proses permainan media card the talk untuk meningkatkan sikap asertif anggota IPNU-IPPNU ranting Mojopurogede kec. Bungah kab. Gresik. Untuk menjawab permasalahan tersebut, metode penelitian yang dipakai adalah Research and Development dengan menggabungkan penelitian kualitatif dan kuantitatif yang menghasilkan sebuah produk permainan untuk meningkatkan sikap asertif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan produk permainan card the talk untuk meningkatkan sikap asertif pada anggota IPNU-IPPNU ranting Mojopurogede dapat disimpulkan cukup efektif serta memenuhi standart permainan. Hal ini diperkuat melalui data penilaian tim uji ahli yang memperoleh hasil 93%. Proses permainan card the talk dilakukan sebanyak tiga tahapan. Melalui tiga tahap tersebut, subjek penelitian selalu menunjukkan perubahan sikap asertif yang progresif secara bertahap. Peningkatan sikap asertif ini ditunjukkan dalam interaksi antara konseli satu dengan yang lainnya dimana mereka saling memberikan pertanyaan dan tantangan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Firmansyah, Guruh Mayonkf.mayonk17@gmail.comB93217136
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorCholil, Cholil--2015066501
Subjects: Bimbingan Konseling
Keywords: Permainan Card The Talk; Kartu UNO; Sikap Asertif.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Guruh Mayonk Firmansyah
Date Deposited: 22 Nov 2021 15:17
Last Modified: 22 Nov 2021 15:17
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/51154

Actions (login required)

View Item View Item