Bimbingan dan konseling islam dengan Teknik Self Control untuk mengatasi kecanduan merokok pada remaja di Dusun Keduk Desa Kedungwangi Sambeng Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Faidah, Siti (2021) Bimbingan dan konseling islam dengan Teknik Self Control untuk mengatasi kecanduan merokok pada remaja di Dusun Keduk Desa Kedungwangi Sambeng Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Siti Faidah_B93217106.pdf

Download (3MB)

Abstract

Fokus pada Peneliti adalah (1) Bagaimana proses Bimbingan dan Konseling Islam dengan Teknik Self Control dalam Mengurangi Kecanduan Merokok pada Remaja Di Dusun Keduk Desa Kedungwangi Kecamatan Sambeng Kabupaten Lamongan ? (2) Bagimana hasil dari proses Bimbingan dan Konseling Islam dengan Teknik Self Control dalam Mengurangi Kecanduan Merokok pada Remaja Di Dusun Keduk Desa Kedungwangi Kecamatan Sambeng Kabupaten Lamongan ?
Dalam menjawab permasalahan tersebut, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus yang kemudian dianalisis menggunakan deskriptif komparatif. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Dalam penelitian ini disimpulkan bahwa (1) Proses bimbingan konseling islam dengan teknik self control dalam mengurangi kecanduan merokok pada remaja. Dalam penelitian ini ditemukan bahwa proses teknik self control mengurangi kecanduan merokok pada remaja melalui beberapa tahap, yakni ; 1. Memberikan informasi mengenai bahaya merokok pada kesehatan, dan membuat persetujuan antara konselor dan konseli bahwa akan dijalankan proses konseling dengan teknik self control. 2. Tingkah laku yang ingin diubah menggunakan aspek self control. 3. Menyusun jadwal untuk berhenti merokok dan menentukan jenis penguat. 4. Memberikan reinforcment setiap kali tingkah laku yang diinginkan ditampilkan sesuai self control. 5. Memberikan penguatan pada setiap tingkah laku yang diinginkan menetap. (2) Hasil dari bimbingan konseling islam dengan teknik self control dalam mengurangi kecanduan merokok pada remaja ini tergolong cukup berhasil. Hasil ini dapat dilihat melalui jumlah pengurangan merokok pada diri konseli dan perubahan perilaku pada diri konseli kearah yang lebih baik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Faidah, Sitistfaidah99@gmail.comB93217106
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyakur, Abdakurasakur66@gmail.com196607042003021001
Subjects: Remaja
Keywords: Self Control; Merokok; Remaja.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Siti Faidah
Date Deposited: 29 Nov 2021 11:27
Last Modified: 29 Nov 2021 11:27
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/51179

Actions (login required)

View Item View Item