Pendampingan masyarakat untuk meningkatkan perekonomian melalui inovasi buah salak di Desa Bedayu Kecamatan Senduro Kabupaten Lumajang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Tamam, Muhammad Badrut (2021) Pendampingan masyarakat untuk meningkatkan perekonomian melalui inovasi buah salak di Desa Bedayu Kecamatan Senduro Kabupaten Lumajang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Badrut Tamam_B02216035.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang suatu proses pendampingan yang memiliki tujuan untuk memberdayakan masyarakat melalui pembangunan ekonomi kreatif dari asset alam yang melimpah yakni berupa tanaman buah salak. Tanaman ini dapat ditemukan di pekarangan maupun perkebunan masyarakat. Aset melimpah yang dimiliki masyarakat belum dimanfaatkan secara maksimal. Melalui riset aksi yang menggunakan metode Asset Based Community (ABCD), peneliti mencoba membangun ekonomi kreatif masyarakat. ABCD merupakan pendekatan yang mengutamakan pemanfaatan asset atau potensi yang dimiliki masyarakat dan yang berada disekitar mereka. Yang menjadi subyek dalam penelitian ini adalah masyarakat Desa Bedayu khususnya ibu-ibu. Strategi masyarakat dalam pemanfaatan tanaman buah salak agar memiliki nilai jual yang tinggi adalah dengan melakukan beberapa inovasi, seperti: pembuatan dodol, selai, dan sirup melalui tanaman buah salak. Hasil dari adanya kegiatan ini adalah terwujudnya perubahan perilaku masyarakat untuk memanfaatkan asset alam, serta bertambahnya wawasan masyarakat dalam melakukan pengembangan asset.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Tamam, Muhammad Badruttm180797@gmail.comB02216035
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAdnan, Abd. Mujibamujibadnan@gmail.com2007025902
Subjects: Ekonomi
Masyarakat
Pemberdayaan
Keywords: Pemberdayaan; Ekonomi Kreatif; Pengembangan Asset.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Muhammad Badrut Tamam
Date Deposited: 28 Nov 2021 15:58
Last Modified: 28 Nov 2021 15:58
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/51200

Actions (login required)

View Item View Item