Konseling behavioral dengan Teknik Reinforcement Positif untuk meningkatkan minat belajar anak SD pada masa pandemi Covid-19 di Mukusaki Wewaria Ende

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Basrun, Maysyarah (2021) Konseling behavioral dengan Teknik Reinforcement Positif untuk meningkatkan minat belajar anak SD pada masa pandemi Covid-19 di Mukusaki Wewaria Ende. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Maysyarah Basrun_B03217024.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini membahas atau memuat tentang masalah seorang anak SD yang kehilangan minat dalam belajarnya akibat adanya pandemi Covid-19 sehingga mengharuskan sekolah-sekolah untuk melakukan pembelajaran daring. Dalam penelitian ini teknik yang digunakan untuk membantu anak meningkatkan kembali minat belajarnya yaitu menggunakan teknik Reinforcement Positif. Jadi yang menjadi fokus dalam penelitian ini yaitu (1)Bagaimana Proses Konseling Behavioral Dengan Teknik Reinforcement Positif Untuk Meningkatkan Minat Belajar Anak SD Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Mukusaki Wewaria Ende, (2) Bagaimana Hasil Konseling Behavioral Dengan Teknik Reinforcement Positif Untuk Meningkatkan Minat Belajar Anak SD Pada Masa Masa Pandemi Covid-19 Di Mukusaki Wewaria Ende. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian yang digunakan yaitu studi kasus, sedangkan untuk analisis penelitian peneliti menggunakan jenis analisis deskriptif komperatif. adapun teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Tahapan-tahapan proses konseling yang dilakukan yaitu mulai dari identifikasi masalah, diagnosis, prognosis, treatment atau terapi serta follow up atau evaluasi. Hasil penelitian yang dilakukan untuk mengatasi masalah konseli menggunakan Teknik Reinforcement Positif dengan tahapan yang dilakukan yaitu sebagai berikut (1) assesment awal, (2) membuat kesepakatan, (3) proses kegiatan, (4)evaluasi dan pemberian reward. Hasil yang didapat dari proses penelitian ini bisa dibilang cukup berhasil. Hal ini bisa kita lihat dari awal proses konseling hingga akhir yang mana membawa dampak perubahan pada diri konseli. Konseli yang awalnya suka menunda mengerjakan pr-nya sekarang rajin mengerjakan pr-nya, konseli yang awalnya malas belajar dan menghafal sekarang semakin rajin walaupun tidak setiap hari. Konseli juga mulai mengurangi aktivitas bermain hp. Konseli juga sudah mulai menyesuaikan keadaan dengan pandemi covid-19 ini.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Basrun, Maysyarahmaysyarahb12@gmail.comB03217024
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorCholil, Cholil--2015066501
Subjects: Bimbingan Konseling
Manajemen Pendidikan
Keywords: Konseling Behavioral; Teknik Reinforcement Positif; Minat Belajar; Pandemi Covid-19.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Maysyarah Basrun
Date Deposited: 29 Nov 2021 11:17
Last Modified: 29 Nov 2021 11:17
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/51205

Actions (login required)

View Item View Item