Pengembangan model kooperatif tipe teams games tournament untuk meningkatkan motivasi belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran SKI kelas V MI Malihatul Hikam Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mardliyah, Shibi Zuharoul (2021) Pengembangan model kooperatif tipe teams games tournament untuk meningkatkan motivasi belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran SKI kelas V MI Malihatul Hikam Lamongan. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Shibi Zuharoul Mardliyah_F02A19298.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi belajar siswa dan kemampuan berpikir kritis siswa. Maka perlu inovasi baru dalam pembelajaran yang bertujuan untuk menemukan suatu model pembelajaran yang cocok untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dan kemampuan berpikir kritis siswa yaitu model kooperatif tipe teams games tournament. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplor tentang 1) pengembangan model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament (TGT) 2) Mendeskripsikan Implementasi model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament (TGT) dan 3) untuk menemukan efektifitas model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament (TGT) dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan motivasi belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V MI Malihatul Hikam Lamongan. Penelitian ini menggunakan Penelitian Pengembangan atau (Research and Development) dengan pendekatan kuantitatif dan kualitiatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokuementasi dan angket sedangkan teknik analisis datanya menggunakan uji-t dengan bantuan program aplikasi SPSS 21. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Kondisi Motivasi Belajar siswa dan kemampuan berpikir kritis siswa, 2) Hasil penerapan model kooperatif tipe teams gemas tournament mengalami peningkatan, dapat disimpulkan bahwa model model kooperatif tipe teams games tournament (TGT) mampu meningkatkan motivasi belajar siswa dan kemampuan berpikir kritis siswa, 3) Pengembangan model kooperatif tipe teams games tournament (TGT) telah dilakukan dengan langkah-langkah yang mengacu pada model ADDIE. Model pengembangan ini dinyatakan valid dengan rata-rata nilai kevalidan 4.00. dan 4) Model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament (TGT) dalam penelitian ini tergolong “efektif”. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan hasil motivasi belajar siswa dan kemampuan berpikir kritis siswa sebelum dan sesudah diberikan perlakuan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mardliyah, Shibi Zuharoulshibizuharoulmardliyah@gmail.comF02A19298
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHuda, Hisbullahhisbullahhuda70@yahoo.com2007017001
Thesis advisorSihabudin, Sihabudinbudinsihab77@gmail.com2020027701
Subjects: Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Keywords: Model Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT); Motivasi Belajar; Kemampuan Berpikir Kritis.
Divisions: Program Magister > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Shibi Zuharoul Mardliyah
Date Deposited: 01 Dec 2021 04:03
Last Modified: 01 Dec 2021 04:03
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/51208

Actions (login required)

View Item View Item