Teknik ceramah Ustadz Luqman di Majelis Taklim Al-Amin: kelompok belajar PPTQ Safinda Gerakan Moco Qur’an Sakmaknane

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Husniyah, Hikmah (2021) Teknik ceramah Ustadz Luqman di Majelis Taklim Al-Amin: kelompok belajar PPTQ Safinda Gerakan Moco Qur’an Sakmaknane. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Hikmah Husniyah_B91217120.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjawab permasalahan tentang bagaimana Teknik ceramah yang digunakan Ustadz Luqman di majelis taklim Al-Amin (kelompok belajar PPTQ Safinda gerakan moco Qur’an sakmaknane) yang meliputi teknik pembukaan, teknik penyampaian, dan teknik penutupan ceramah. Dalam upaya mengidentifikasi permasalahan tersebut, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan dalam menganalisis data, peneliti menggunakan model miles and hubermen. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Teknik pembukaan digunakan adalah teknik mengajak mad’u berdoa bersama, membaca ayat Al-Qur’an dengan tartil dan tajwid secara bersama-sama, menerjemahkan perkata ayat Al-Qur’an, Langsung menyebutkan topik Ceramah, dan menghubungkan dengan sejarah masa lalu. (2) Teknik penyampaian ceramah yang digunakan dalam bentuk gaya suara adalah Suara lembut sebagai quality, dan suara berirama saat membaca Al-Qur’an. Adapun gaya bahasa yang sering beliau gunakan berdasarkan pilihan kata adalah gaya bahasa percakapan, berdasarkan nada adalah gaya bahasa sederhana, dan berdasarkan struktur kalimat adalah gaya bahasa anti klimaks. Sedangkan gaya geraknya adalah duduk, menggerakkan tangan, ekspresi yang tepat, selalu tersenyum, kontak mata ke seluruh mad’u, dan berpakaian rapi. (3) Teknik penutupan ceramah yang beliau gunakan adalah mengakhiri dengan klimaks.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Husniyah, Hikmahhikmahhusniyah4@gmail.comB91217120
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRazi, Fahrurfroziyas@yahoo.co.id196906122006041018
Subjects: Dakwah > Dakwah, Komunikasi
Dakwah > Dakwah bil Lisan
Komunikasi Dalam Islam
Keywords: Ceramah; Teknik ceramah; Majelis taklim.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Hikmah Husniyah
Date Deposited: 30 Nov 2021 22:50
Last Modified: 30 Nov 2021 22:50
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/51209

Actions (login required)

View Item View Item