Analisis proses berpikir kreatif siswa dalam menyelesaikan masalah peluang berdasarkan tipe kepribadian Myers-Briggs Type Indicator (MBTI)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Jannah, Miftakhul (2016) Analisis proses berpikir kreatif siswa dalam menyelesaikan masalah peluang berdasarkan tipe kepribadian Myers-Briggs Type Indicator (MBTI). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (361kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (350kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (775kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (341kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (330kB) | Preview

Abstract

Proses berpikir kreatif merupakan tahap yang dilalui oleh seseorang saat berpikir kreatif. Tahapan tersebut meliputi persiapan, inkubasi, iluminasi dan verifikasi. Setiap siswa memiliki tipe kepribadian yang berbeda, maka pola pikirnya juga akan berbeda pula. Berdasarkan hal itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses berpikir kreatif berdasarkan tipe kepribadian Myers-Briggs Type Indicator (MBTI) yang meliputi tipe kepribadian STJ (Sensing-Thinking-Judging), STP (Sensing-Thinking-Perceiving), SFJ, (Sensing-Feeling-Judging), SFP (Sensing-Feeling-Perceiving), NTJ (iNtuition-Thinking-Judging), NTP (iNtuition-Thinking-Perceiving), NFJ (iNtuition-Feeling-Judging), dan NFP (iNtuition-Feeling-Perceiving).
Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Tempat penelitan di SMA Negeri Kesamben Jombang kelas XI IPA dengan empat belas subjek terpilih. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes MBTI, tes tertulis, dan wawancara. Sedangkan teknik analisis data meliputi analisis data angket tes kepribadian MBTI, lalu tes tertulis untuk mengetahui proses berpikir kreatif siswa dengan langkah-langkah mereduksi, menyajikan data dan penarikan simpulan.
Subjek dengan kencenderungan sensing memperoleh informasi dengan membaca soal berulang kali, sedangkan untuk kecendrungan intuition memperoleh informasi dengan membaca soal hanya 1-3 kali. Subjek dengan kencenderungan thinking memutuskan cara yang akan digunakan secara objektif, sedangkan untuk kecenderungan feeling memutuskan cara yang akan digunakan secara subjektif. Subjek dengan kencenderungan judging menjalankan strategi dengan sistematis dan terencana, sedangkan kecenderungan perceiving menjalankan strategi dengan tidak sistematis dan tidak terencana.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Jannah, Miftakhuljannahuin19@gmail.comD54211053
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorkusaeri, Kusaerikusaeri@uinsby.ac.id2006077202
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Hasil Belajar
Keywords: Proses Berpikir Kreatif; Tipe Kepribadian Myers-Briggs Type Indicator (MBTI); Peluang; Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Jannah Miftakh
Date Deposited: 15 Mar 2016 08:03
Last Modified: 25 Nov 2019 07:48
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/5121

Actions (login required)

View Item View Item