Moderasi beragama dalam perspektif Mufassir Nusantara: kajian tafsir qs. al-baqarah [2]: 143

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sakinah, Nurul (2021) Moderasi beragama dalam perspektif Mufassir Nusantara: kajian tafsir qs. al-baqarah [2]: 143. Other thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nurul Sakinah_E93215137.pdf

Download (2MB)

Abstract

Saat ini umat Islam dihadapkan suatu tantangan baik internal maupu eksternal. Salah satu yang menjadi permasalahan paling rumit dalam keadaan agama Islam ialah terdapat dalam sisi internal yakni terpecahnya Islam kepada berbagai pemahaman mengenai berbagai sumber-sumber Islam itu sendiri. Skripsi ini mengangkat tentang ajaran moderasi beragama yang paling banyak dijadikan sebagai sumber agar umat Islam mempunyai sikap yank berada ditengah antara fanatisme dan kelonggaran, adalah QS. al-Baqarah 143. Oleh karenanya, sehingga dalam penelitian ini memaparkan tentang bagaimana ayat tersebut ditafsirkan oleh para muffasir yang berasal dari Indonesia dengan tujuan agar penafsiran tersebut lebih mencerminkan tentang keadaan bangsa Indonesia. Metode penelitiannya yakni kualitatif. Adapun sumber tafsir, karya tafsir Hamka, M.Quraish Shihab, Hasbi ash-Shiddiqiy, dan Muhammad Yunus. Menggunakan teori konseptual milik Abdul Mustaqim dalam membedah ayat yg dijadikan kajiannya. Hasil penelitianya menyimpulkan, QS. Al Baqarah 143 diartikan oleh ke empat mufassir sebagai poros tengah antara kaum yang berat sebelah, posisi yank tidak terlalu duniawi atau ukhrawi. Islam moderat dijadikan saksi atas perbuatan Islam yg ekstrim. Islam moderat menjunjung tinggi toleransi. Islam moderat dalam ayat tersebut mengandung nilai keseimbangan, adil, pertengahan, toleran, egaliter, kedamaian. Akan tetapi Islam moderat saat ini masih sangat jauh dari pangamalan, karena masih banyak diantara masyarakat saat ini yg hidup dalam Islam yg tegas dan miskin toleransi terhadap agama-agama yg lain.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Other)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sakinah, Nurulqamariyahpangkah@gmail.comE93215137
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorBudi Ichwayudi, Budib.ichwayudi@uinsby.ac.id2016047602
Subjects: Al Qur'an
Toleransi Islam
Tafsir
Keywords: Moderasi Beragama; Al-Qur'an; Mufassir Nusantara.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Rochman Ilham Chabibur
Date Deposited: 05 Dec 2021 23:29
Last Modified: 05 Dec 2021 23:29
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/51217

Actions (login required)

View Item View Item