Analisis hukum islam terhadap praktik sewa menyewa Akun Grab di Sidoarjo Jawa Timur

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Indriani, Iin (2021) Analisis hukum islam terhadap praktik sewa menyewa Akun Grab di Sidoarjo Jawa Timur. Undergraduate thesis, UIN Suna Ampel Surabaya.

[img] Text
Iin Indriani_C02217017.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan deksriptif kualitatif dan analisis pola pikir deduktif, yakni dengan menggunakan hukum Islam dalam menganalisis praktik sewa menyewa akun Grab di Sidoarjo. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan melakukan interview (wawancara). Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa; pertama, sewa menyewa akun Grab ini secara praktik tidak diperbolehkan karena telah melanggar kode etik mitra Grab, dan mitra bisa mendapatkan sanksi berupa pemutusan hubungan mitra. Kedua, praktik sewa menyewa akun Grab di Sidoarjo berdasarkan hukum Islam ini tidak sah, karena mitra Grab sebagai pelaku akad tidak memenuhi syarat seorang \āqid. Apabila mitra Grab melanggar kode etik artinya sama saja dengan mitra tidak melakukan syarat dalam akad, karena dalam kaidah adat kode etik tersebut sama dengan syarat dalam suatu akad. Selain itu praktik sewa menyewa akun Grab di Sidoarjo tidak sesuai dengan ketentuan yang terdapat dalam Fatwa DSN No. 112/DSN-MUI/IX/2017 tentang Akad {Ijārah. Berdasarkan kesimpulan di atas, pihak yang berkaitan dengan sewa menyewa akun Grab disarankan, agar mitra tidak menyewakan akun miliknya untuk menghindari kemungkinan yang tidak diinginkan, dan tidak ada pihak yang dirugikan, serta tetap menjaga nama baik Grab sebagai mitra yang baik. Kemudian penyewa sebaiknya tidak melakukan sewa akun, agar tidak ada pihak yang dirugikan dan mencari alternatif lain untuk menambah pendapatan. Untuk pihak Grab agar lebih meningkatkan fitur dalam aplikasi untuk kenyamanan dan keamanan pengguna, agar tidak lagi terjadi hal yang dapat merugikan pihak
manapun.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Indriani, Iiniinindriani.mn@gmail.comC02217017
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHadi, Abd--195511181981031003
Subjects: Hukum Islam
Keywords: Sewa menyewa; Akun Grab.
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Iin Indriani
Date Deposited: 05 Dec 2021 13:34
Last Modified: 05 Dec 2021 13:34
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/51218

Actions (login required)

View Item View Item