Tinjauan fatwa DSN Nomor 06/DSN-MUI/IV/2000 tentang Istisna‘ Terhadap praktik transaksi pesanan pakaian di Morris5 Industries Tulungagung.

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Badiáh, Qurrotul (2021) Tinjauan fatwa DSN Nomor 06/DSN-MUI/IV/2000 tentang Istisna‘ Terhadap praktik transaksi pesanan pakaian di Morris5 Industries Tulungagung. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Qurrotul Badi'ah_C92217103.pdf

Download (2MB)

Abstract

Jenis penelitian ini adalah penelitian field research (penelitian lapangan) dengan pendekatan deskriptif analisis. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi dengan cara menggali data dengan melihat dokumentasi dan pempelajarinya. Kemudian dianalisis menggunakan pola pikir induktif, yaitu dengan menjelaskan terlebih dahulu mengenai penerapan praktik transaksi pesanan pakaian di Morris5 Industries Tulungagung yang kemudian dianalisis dengan Fatwa DSN Nomor 06/DSN-MUI/IV/2000 tentang Istisna‘.Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa: pertama, konsep pesanan pakaian yang diberikan pihak Morris5 Industries telah sesuai dengan praktik pesanan pakaian yang dilakukan di lapangan. Kedua, praktik transaksi jual beli pesanan yang dilakukan di Morris5 Industries sudah memenuhi ketentuan-ketentuan yang ditetapkan Fatwa DSN Nomor 06/DSN-MUI/IV/2000 tentang Istisna‘, akan tetapi ada sebagian kecil yang kurang sesuai dengan Fatwa DSN yang telah ditetapkan, yaitu barang yang masih dipesan tidak boleh dijual kembali sebelum barang tersebut diterima oleh pemesan. Dari kesimpulan diatas penulis dapat memberikan saran: pertama, produsen selaku pembuat pakaian diawal kesepakatan seharusnya menggunakan perjanjian tertulis mengenai surat disclaimer dengan konsumen. Kedua, pihak konsumen seharusnya mengetahui tata cara memesan yang baik berdasarkan ketentuan hukum Islam dan diawal pemesanan diharuskan memberi informasi yang jelas menenai spesifikasi produk yang dipesan, selalu berkomunikasi dengan produsen agar tidak kurang komunikasi sehingga pesanan yang sudah jadi sesuai dengan keinginan pemesan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Badiáh, Qurrotulqurrotulbadiah@gmail.comC92217103
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorDimyati, Dimyatiadhim.ptrg@gmail.com2026087702
Subjects: Hukum Islam
Hukum Ekonomi
Keywords: Transaksi pesanan pakaian di Morris5 Industries; Morris5 Industries; Fatwa DSN Nomor 06/DSN-MUI/IV/2000.
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Qurrotul Badi'ah
Date Deposited: 08 Dec 2021 14:33
Last Modified: 12 Dec 2021 22:41
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/51221

Actions (login required)

View Item View Item