Compliments and their responses performed by the main character in into the wild movie

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hidayatullah, Syarif (2021) Compliments and their responses performed by the main character in into the wild movie. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Syarif Hidayatullah_A03216045.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai pujian dan tanggapan pujian. Adapun pembahasannya berfokus pada bagaimana karakter utama di film Into The Wild dalam memberi pujian, menanggapi pujian, dan membahas fungsi dari penggunaan pujian tersebut. Studi ini menggunakan teori tindak tutur yang merupakan salah satu sub bidang kajian pragmatik.Penelitian ini disusun dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data penelitian ini berasal dari percakapan film tersebut yang mengandung topik mengenai memberi dan merespon suatu pujian, baik secara verbal maupun non verbal, dan juga fungsi dari pujian tersebut. Data verbal diambil dari percakapan yang digunakan oleh karakter utama. Sedangkan data nonverbal adalah bahasa tubuh seperti ekspresi wajah, senyuman, dan tatapan mata.Pujian adalah suatu perkataan positif tentang seseorang. Pujian membuat orang yang mendengarnya merasa tersanjung, karena itulah penggunaan pujian dan respon pujian dibutuhkan dalam lingkungan sosial. Herbert menyatakan bahwa pujian memiliki struktur operasi dari runtutan sebab akibat atau kronologi suatu peristiwa. Ini berarti pujian dan tanggapan atas pujian merupakan sesuatu yang tidak dapat dipisahkan. Ada tiga tipe pujian yang digunakan oleh karakter utama, diantaranya yaitu pujian untuk penampilan, pujian untuk kinerja atau keterampilan atau kemampuan, dan pujian untuk kepribadian.Di berbagai kesempatan, pujian memiliki peran yang berbeda dalam interaksi atau komunikasi. Status dari speaker yang lebih tinggi akan mempengaruhi dampak dari pujian itu sendiri begitu juga sebaliknya. Peneliti menggunakan teori dari Wolfson (1983) untuk mendefinisikan beberapa fungsi pujian. Namun dalam hal ini peneliti hanya menemukan lima fungsi pujian yaitu: pujian berfungsi untuk meningkatkan dan memantapkan solidaritas, pujian untuk menciptakan atau memelihara hubungan, pujian sebagai ungkapan kekaguman secara spontan, pujian berfungsi untuk mengungkapkan penilaian positif., dan pujian sebagai penyemangat. Sedangkan dalam jenis respon atas pujian diklasifikasikan menjadi empat klasifikasi, yaitu apresiasi token yang merupakan bentuk penerimaan pujian yang dilakukan baik secara verbal atau non verbal, pengurangan skala, pertanyaan, dan ketidaksetujuan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hidayatullah, Syarifh.syarifahmed@gmail.comA03216045
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMilal, A. Dzo'ula_milal@yahoo.co.id / dzoulmilal@uinsby.ac.id.2015056002
Subjects: Bahasa Inggris
Keywords: Pujian; Respon Pujian; Fungsi Pujian.
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sastra Inggris
Depositing User: syarif hidayatullah
Date Deposited: 12 Mar 2022 16:06
Last Modified: 12 Mar 2022 16:06
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/51223

Actions (login required)

View Item View Item