Pemahaman Kyai dan Santri Pondok Pesantren Darussalam Purwokerto terhadap hadis keberadaan Allah di langit dalam Kutub Al-Sittah

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hikmi, Ahmad (2021) Pemahaman Kyai dan Santri Pondok Pesantren Darussalam Purwokerto terhadap hadis keberadaan Allah di langit dalam Kutub Al-Sittah. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ahmad Hikmi_F02819253.pdf

Download (4MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendapatkan kejelasan kualitas dan kehujjahan hadis mengenai keberadaan Allah di langit dalam kutub al-Sittah, mengetahui pemahaman Kyai dan Santri pesantren Darussalam Purwokerto terhadap hadis ini serta menemukan implikasinya pada masyarakat sekitar pesantren. Penelitian ini memakai jenis penelitian kualitatif, artinya bersifat penelitian kepustakaan (library research), yaitu dengan cara mencari, mengumpulkan, menghimpun literatur yang berkenaan keberadaan Allah di langit menurut perspektif Asha’irah. Kerangka teoritik yang dipakai oleh penulis dalam melakukan tesis ini adalah dengan cara sharh al-Hadith dan pemahaman hadis. sharh al-Hadith bertujuan untuk menjelaskan kesahihan dan kecacatan matan dan sanad dalam hadis, menerangkan makna-makna yang terkandung di dalamnya, dan mengeluarkan hukum beserta hikmahnya. Pemahaman hadis sendiri memiliki tujuan untuk memahami maksud dari perkataan Nabi dan mengeluarkan maknanya Hasil dari penelitian ini bahwa hadis “Jariyah (budak wanita)” merupakan hadis mud{t{arib yang terjadi pada sanad dan matannya. Sedangkan hadis “turunnya Allah ke langit dunia” berkualitas sahih serta termasuk hadis mutawatir ma’nawi.Dalam menyikapi hadis “Budak wanita” dan “turunnya Allah ke langit dunia” Kyai dan Santri pesantren Darussalam Purwokerto menggunakan metode ta’wil, mereka bersepakat bahwa Allah tidak memiliki tempat dan arah. Adapun manfaat yang dirasakan masyarakat sekitar pesantren dari pemahaman Kyai dan Santri adalah akidah masyarakat Dukuhwaluh semakin kuat sesuai akidah yang dianut oleh ahl al-Sunnah wa al-Jama’ah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hikmi, Ahmadhikmi.ahmad@gmail.comF02819253
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorIdri, Idri--196701021992031001
Thesis advisorMuhid, Muhid--196310021993031002
Subjects: Hadis
Keywords: Hadis Keberadaan Allah di Langit; kutub al-Sittah; Budak Wanita; Turunnya Allah.
Divisions: Program Magister > Ilmu Hadis
Depositing User: Ahmad Hikmi
Date Deposited: 20 Dec 2021 09:24
Last Modified: 20 Dec 2021 09:24
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/51261

Actions (login required)

View Item View Item