Peran industri tahu Anugerah dalam meningkatkan perekonomian masyarakat di Dusun Klagen Kecamatan Krian Kabupaten Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kartika, Anggun Ria (2021) Peran industri tahu Anugerah dalam meningkatkan perekonomian masyarakat di Dusun Klagen Kecamatan Krian Kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Anggun Ria Kartika_G71216060.pdf

Download (1MB)

Abstract

Dari hasil penelitian yang didapat, UMKM Anugerah berdiri tahun 1998 oleh pak ghufron yang kemudain dilanjutkan oleh anaknya hingga saat ini yaitu bapak imam dengan modal awal menggunakan modal pribadi dan hanya memiliki pekerja kurang dari 5 orang dan hanya 1 buah sumur untuk memasak tahu. Seiring dengan berjalannya waktu, UMKM ini kini menjadi yang terbesar di dusun Klagen dengan pekerja hingga 15 orang, memiliki 4 sumur dan menerima jasa titip masak untuk masyarakat sekitar yang mayoritas memiliki usaha tahu. Untuk upah pekerja dibayar Rp 8000 untuk sekali masak dan ditambah dengan uang makab sebesar Rp 15000 per hari. Target pasar UMKM Anugerah selain untuk penjual gorengan, pengusaha tahu goreng, dan rumah tangga, juga menjual hasil produksi ke Surabaya dan Gresik. UMKM Anugerah memiliki peran dalam meningkatkan perekonomian masyarakat dusun Klagen yaitu 1) Penyerapan tenaga kerja, 2)Peningkatan pendapatan, 3) Terbukanya peluang usaha baru dan nilai tambah suatu produk. Saran dalam penelitian ini diharapkan kepada UMKM Anugerah, diharapkan dalam pengembangan usahanya dapat mensejahterahkan dan meningkatkan perekonomian masyarakat dusun Klagen dengan lebih luas lagi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kartika, Anggun Riakartikaanggun9@gmail.comG71216060
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNurlailah, Nurlailahlaila.nurlailah@gmail.com2022056201
Subjects: Ekonomi
Masyarakat
Keywords: UMKM; Perekonomian Masyarakat.
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Anggun Kartika
Date Deposited: 20 Dec 2021 09:50
Last Modified: 20 Dec 2021 09:50
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/51341

Actions (login required)

View Item View Item