Studi posisi hilal kasat teleskop: analisis terhadap hasil pengamatan hilal awal bulan Zulkaidah tahun 1440h di balai rukyat Ibnu Syatir Ponorogo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fajri, Muhammad (2021) Studi posisi hilal kasat teleskop: analisis terhadap hasil pengamatan hilal awal bulan Zulkaidah tahun 1440h di balai rukyat Ibnu Syatir Ponorogo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Fajri_C97217020.pdf

Download (2MB)

Abstract

Metode penelitian dalam skripsi ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data primer yang penulis gunakan adalah dokumentasi data hasil pengamatan hilal Balai Rukyat Ibnu Syatir Ponorogo dan data hasil wawancara dengan Ahmad Junaidi. Sedangkan sumber data primer yang digunakan oleh penulis adalah buku tentang ilmu falak yang tentunya berkaitan dengan posisi hilal dan image processing. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menyimpulkan pertama, pengamatan hilal dengan teleskop Handmade Refraktor yang terhubung dengan kamera CCD ZWOASI224MC, perekaman objek hilal setiap 2 detik menghasilkan 50 frame yang dilakukan secara berkala sampai hilal terbenam dan lokasi pengamatan hilal dilakukan di gedung Ibnu Hajar 2 lantai IV Pondok Pesantren Al-Islam Ponorogo. Kedua, posisi hilal yang dihasilkan menggunakan metode image processing pada citra hilal sebagai berikut: tinggi hilal 4° 33’ 54”, elongasi 7° 38’ 28” dan waktu hilal terpotret pasca terbenam matahari 0° 8’ 3”. Untuk lokasi pengamatan dan alat-alatnya diharapkan diperbaharui agar menghasilkan citra yang lebih baik. Pengamatan hilal denagn kasat teleskop juga diharpkan untuk setiap bulan kamariah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fajri, Muhammadmhdajrizen21@gmail.comC97217020
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRosyadi, Moh. Imronkaji_imron@yahoo.com2015047702
Subjects: Astronomi
Falak
Keywords: Hisap; Hilal; Teleskop hilal.
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Falak
Depositing User: Muhammad Fajri
Date Deposited: 22 Dec 2021 06:55
Last Modified: 22 Dec 2021 06:55
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/51342

Actions (login required)

View Item View Item