Komparasi hisab awal bulan kamariah antara kitab al-matla‘ al-sa‘id dengan ephemeris: studi penetapan 1 syawal 1428 H dan 1 syawal 1432 H

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rahma, Syahida Auliya (2021) Komparasi hisab awal bulan kamariah antara kitab al-matla‘ al-sa‘id dengan ephemeris: studi penetapan 1 syawal 1428 H dan 1 syawal 1432 H. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Syahida Auliya Rahma_C07217012.pdf

Download (2MB)

Abstract

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan kajian kepustakaan (library research). Penelitian ini menggunakan dua jenis data, yaitu data primer dan data sekunder. Dalam proses pengolahan data, penelitian ini menggunakan studi dokumentasi untuk mengolah data dari berbagai sumber literatur. Adapun metode yang digunakan dalam menganilisis data adalah analisis data deskriptif, untuk menjelaskan dan menganalisis data yang ada, kemudian mengkomparasikan perhitungan awal bulan kamariah kitab Al-Matla‘ Al-Sa‘id dengan Ephemeris.Hasil penelitian yang telah dilakukan menjelaskan bahwa metode perhitungan awal bulan kamariah kitab Al-Matla‘ Al-Sa‘id menggunakan metode perhitungan hakiki tahqiqi. Dalam perhitungan ini terdapat tujuh langkah perhitungan, yaitu menentukan lokasi pengamatan, menentukan data astronomis Matahari, menghitung saat terbenam Matahari, menghitung data astronomis Bulan, menghitung koreksi atau ta’dil, menghitung saat terjadinya ijtimak, dan menghitung ketinggian hilal. Perhitungan dalam kitab Al-Matla‘ Al-Sa‘id menggunakan matematika modern dengan rumus segitiga bola. Sedangkan perhitungan awal bulan kamariah Ephemeris menggunakan metode hakiki kontemporer. Dalam perhitungan ini terdapat enam belas langakah perhitungan, yaitu menentukan lokasi pengamatan, mengkonversi tarikh hijriah ke masehi, memperkirakan waktu ijtimak, menentukan waktu FIB terkecil, menghitung sabaq Bulan dan Matahari, menghitung waktu ijtimak, menghitung sudut waktu Matahari, menghitung ghurub Matahari, menghitung asensioreka Bulan dan Matahari, menghitung sudut waktu Bulan, menghitung tinggi hilal hakiki, menghitung tinggi hilal mar’i, menghitung lama hilal, menghitung ghurub Bulan, menghitung azimuth Bulan dan Matahari, dan menghitung posisi hilal. Hasil komparasi kedua perhitungan awal bulan kamariah kitab Al-Matla‘ Al-Sa‘id dengan Ephemeris dalam penetapan 1 Syawal 1428 H dan 1 Syawal 1432 H menunjukkan adanya perbedaan nilai perhitungan, namun perbedaan yang muncul tidak signifikan hingga kisaran derajat. Selisih antara kedua metode perhitungan tersebut hanya dalam kisaran detik hingga menit.Hasil penelitian ini masih memerlukan banyak penjelasan terkait perhitungan awal bulan kamariah kitab Al-Matla‘ Al-Sa‘id, maka sebaiknya ditambahkan penjelasan terkait algoritma perhitungan yang digunakan dalam kitab Al-Matla‘ Al-Sa‘id.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rahma, Syahida Auliyasyahidarahma04@gmail.comC07217012
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMukarram, Mukarram--2023095601
Subjects: Falak
Keywords: Ilmu Falak; Hisab; perhitungan awal bulan kamariah.
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Falak
Depositing User: syahida auliya rahma
Date Deposited: 31 Dec 2021 08:41
Last Modified: 31 Dec 2021 08:41
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/51356

Actions (login required)

View Item View Item