Psychological Well-Being Ustadz Pengabdi Pesantren: studi di Pondok Pesantren Salafiyah Seblak Jombang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Humaidy, Rifqi Izza (2021) Psychological Well-Being Ustadz Pengabdi Pesantren: studi di Pondok Pesantren Salafiyah Seblak Jombang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rifqi Izza Humaidy_B03217036.pdf

Download (2MB)

Abstract

(psychological well-being) kesejahteraan psikologis Ustadz di pesantren yang gajinya tidak seberapa tentunya akan kebutuhan yang merasa selalu cukup dan bahagia. Lalu fokus pada penelitian ini adalah (1) Bagaimana para Ustadz Pengabdi Pesantren Salafiyah Seblak Jombang membangun psychological well-beingnya? (2) Apa standar psychological well-being para Ustadz pengabdi Pesantren Salafiyah Seblak Jombang? (3) Bagaimana nilai-nilai konseling diri para Ustadz dalam mewujudkan psychological well-beingnya? menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif untuk menjawab ketiga pertanyaan tersebut. Data yang terkumpul muncul dalam bentuk kata, gambar dan soft file. Hasil dari penelitian di lapangan menunjukkan bahwa untuk membangun kesejahteraan psikologis (psychological well-being) dari pengalaman para ustad membangun psychological well-being mereka tersebut itu ada saling mengisi, saling melengkapi. Karena itu semua berdasarkan pengabdian diri, kesukarelaan dan tanggung jawab moral. Melihat dari standarisasi keikhlasan dan bersyukur ukurannya adalah pertama kedisiplinan, kedua tidak mengungkit-ungkit masalah gaji (maisah). Terakhir nilai-nilai dalam konseling diri untuk mewujudkan kesejahteraan psikologis (psychological well-being) para Ustad pengabdi Pesantren Salafiyah Seblak dengan menggunakan konseling Islam yaitu konseling Fardiyah dan konseling fiah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Humaidy, Rifqi Izzarizarifqi1@gmail.comB03217036
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyakur, Abdabd.syakur@uinsby.ac.id2004076603
Subjects: Pesantren
Keywords: Psychological well-being; Ustadz; Pesantren.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Rifqi Izza Humaidy
Date Deposited: 22 Dec 2021 06:29
Last Modified: 22 Dec 2021 06:29
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/51368

Actions (login required)

View Item View Item