Pengembangan buku latihan soal matematika Berbasis Scaffolding untuk melatih kemampuan pemecahan masalah peserta didik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Putri, Karina Ayu (2021) Pengembangan buku latihan soal matematika Berbasis Scaffolding untuk melatih kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
karina Ayu Putri_D74216058.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah merupakan salah satu kemampuan penting yang harus dimiliki oleh peserta didik. Untuk melatih kemampuan pemecahan masalah peserta didik dapat dilakukan dengan membiasakan kegiatan pemecahan masalah di kelas, yaitu salah satunya pemberian latihan soal. Proses pemberian latihan soal dapat disertai dengan penerapan scaffolding. Pada penelitian ini akan dikembangkan sebuah buku latihan soal matematika berbasis scaffolding untuk melatih kemampuan pemecahan masalah perserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan, serta mengukur kevalidan dan kepraktisan buku latihan soal matematika yang dikembangkan.Pengembangan buku latihan soal matematika yang dikembangkan mengacu pada model pengembangan Plomp yang terdiri dari tiga fase, fase penelitian pendahuluan (preliminary research), fase pembuatan prototipe (prototyping phase), dan fase penilaian (assessment phase). Data penelitian diperoleh denga menggunakan teknik catatan lapangan (field note) dan validasi ahli. Selanjutnya, data tersebut akan dilakukan analisis sehingga memperoleh hasil proses pengembangan, kevalidan, dan kepraktisan buku latihan soal matematika berbasis scaffolding untuk melatih kemampuan pemecahan masalah peserta didik.Hasil yang diperoleh dari serangkaian proses pengembangan buku latihan soal meliputi: (1) pada fase penelitian pendahuluan diperoleh data bahwa pembelajaran di kelas lebih dominan menggunakan kegiatan diskusi dibandingkan dengan pembelajaran langsung menggunakan metode ceramah dengan kurikulum 2013 edisi revisi 2017. Pada fase pembuatan prototipe dilakukan pembuatan prototipe buku latihan soal matematika berbasis scaffolding pada materi pola bilangan. Pada fase penilaian hanya dilakukan kegiatan validasi buku latihan soal matematika kepada validator dikarenakan adanya pandemi Covid- 19. (2) Buku latihan soal matematika yang telah dikembangkan dinyatakan “valid” dengan nilai rata-rata tiap validitas buku latihan soal matematika (〖RTV〗_(Buku Latihan Soal)) sebesar 4,18. (3) Buku latihan soal matematika yang telah dikembangkan dinyatakan “praktis” dengan rata-rata nilai kepraktisan mencapai kriteria “B” yang artinya buku latihan soal yang dikembangkan dapat digunakan dengan sedikit revisi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Putri, Karina Ayukarinaputri.tris@gmail.comD74216058
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKurniawan, Agus Prasetyo--2021088301
Thesis advisorSadieda, Lisanul Uswah--2026098302
Subjects: Matematika
Keywords: Buku latihan Soal; Scaffolding; Kemanpuan pemecahan masalah.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Karina Ayu Putri
Date Deposited: 22 Dec 2021 08:15
Last Modified: 22 Dec 2021 08:15
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/51374

Actions (login required)

View Item View Item