Eksistensi kampung lali gadget di tengah pandemi Covid-19 di Desa Pagerngumbuk Kecamatan Wonoayu Kabupaten Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Yustiasandhi, Elvio (2021) Eksistensi kampung lali gadget di tengah pandemi Covid-19 di Desa Pagerngumbuk Kecamatan Wonoayu Kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Elvio Yustiasandhi_I73217027.pdf

Download (1MB)

Abstract

Dalam penelitian ini peneliti mengkaji bagaimana eksistensi Kampung Lali Gadget di tengah pandemi Covid-19 dan bagaimana upaya yang dilakukan para komunitas atau yayasan Kampung Lali Gadget untuk mempertahankan eksistensinya di tengah pandemi Covid-19 serta dampak dari adanya Kampung Lali Gadget bagi masyarakat sekitar lokasi kampung lali gadget di desa Pagerngumbuk. Dari rumusan masalah tersebut terdapat sub bab pembahasan di dalamnya, antara lain pembahasan mengenai pandangan masyarakat terhadap Kampung Lali Gadget, upaya-upaya yang di lakukan Kampung Lali Gadget agar kegiatan kampung lali gadget tidak mati begitu saja di tengah pandemi Covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas Kampung Lali Gadget, cara-cara Kampung Lali Gadget dalam mempertahankan eksistensinya teruta di tengah Pandemi Covid-19, dan Dampak adanya Kampung Lali Gadget bagi masyarakat.Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif jenis data deskriptif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, serta dokumentasi. Teori yang digunakan dalam menganalisis fenomena pada masyarakat desa Pagerngumbuk adalah Teori Struktural Fungsional Talcott Parsons.Dari hasil penelitian ini peneliti menemukan, bahwa (1) Kampung Lali Gadget memberi pengaruh yang sangat positif terutama untuk anak-anak dalam menangani kecanduan gadget dan juga dapat menjadi tempat atau wadah bagi orangtua yang resah terhadap anak mereka yang kecanduan gadget; (2) penyesuaian-penyesuaian yang dilakukan Kampung Lali Gadget di tengah pandemi Covid-19 seperti menerapkan protokol kesehatan yang harus dilakukan yaitu memakai masker, mencuci tangan, serta menjaga jarak. Selain itu Kampung Lali Gadget membantu para tenaga medis untuk pembuatan alat pelindung diri (APD) dengan memberdayakan ibu-ibu rumah tangga untuk membuat faceshield guna membantu untuk pemenuhan kebutuhan medis (APD). Terjadi perubahan sebelum adanya Corona dengan sesudah adanya korona, terlihat pada berkurangnya peserta yang mengikuti kegiatan di Kampung Lali Gadget karena harus membatasi kunjungan dalam kegiatan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Yustiasandhi, Elvioelvioyustiasandhi5@gmail.comI73217027
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMuttaqin, Husnulhusnulfikr@uinsby.ac.id2020017801
Subjects: Game Online
Keywords: Eksistensi; Kampung Lali Gadget; Pandemi Covid-19.
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Elvio Yustiasandhi
Date Deposited: 31 Dec 2021 07:49
Last Modified: 31 Dec 2021 07:49
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/51387

Actions (login required)

View Item View Item